home Berita Terkini, Tips Speedometer Motor Karisma Bermasalah? Karisma Fans Club Berbagi Cara Untuk Mengatasinya

Speedometer Motor Karisma Bermasalah? Karisma Fans Club Berbagi Cara Untuk Mengatasinya

Speedometer Motor Karisma Bermasalah? Karisma Fans Club Berbagi Cara Untuk Mengatasinya

Jakarta, MobilKomersial.com – Speedometer merupakan salah satu komponen yang ada pada sepeda motor, pengendara bisa melihat yang ada pada panel tersebut. Kecepatan kendaraan, petunjuk bahan bakar, tanda belok kanan-kiri, jumlah kilometer yang sudah ditempuh dan gigi transmisi.

Honda karisma adalah sepeda motor tipe bebek pertama kali produksi Honda yang sudah menggunakan model digital dalam jumlah bahan bakar dan jumlah kilometer yang sudah ditempuh. Dan pada speedometer Honda Karisma juga sudah menggunakan papan PCB yang sering kali mengalami masalah mengingat tahun produksi yang sudah lumayan lama.

Spedometer

Seiring dengan sepeda motor generasi sebelumnya, maka sangat dimungkinkan spedometer motor Karisma mengalami masalah. Masalah speedometer pada motor Karisma bel perkara yang sulit untuk dikerjakan. Untuk membantu anda di dalam mengatasi masalah pada speedometer sepeda motor Karisma, pada kesempatan kali ini karismafansclub.or.id berbagi pengetahuan mengenai cara memperbaiki speedometer motor karisma.

Hal pertama yang harus kita ketahui dahulu sebagai awalan di dalam memperbaiki motor speedometer Karisma adalah dengan adanya kerusakan pada spidometer motor Karisma tersebut.

Dengan mengetahui posisi kerusakan yang menyebabkan speedometer motor Karisma tidak bergerak, maka kita bisa dengan mudah memperbaikinya dengan cara menggantinya dengan part baru atau mengakali part yang rusak ini bisa kembali berfungsi.

Cara pengenal bagian yang rusak pada speedometer:

  1. Langkah di dalam melakukan pengecekan bagian mana yang rusak pada speedometer motor Karisma tersebut, maka silakan motor gigi standar dan gigi belakang. Gambar dari speedometer motor Karisma. Kalau speedometer motor Karisma tetap diam saja pada saat kita berputar roda belakang, maka kita bisa turun untuk melakukan pengecekan pada bagian yang lain.
  2. Bagian selanjutnya yang perlu kita cek adalah pada bagian dekat gir depan, silakan buka tutup sampul gir depan dan cek kabel yang ada diatas gir depan itu ada ada yang putus. Jika tidak ada yang putus dengan pemeriksaan soket kabel pengerak jarum penunjuk kecepatan pada speedometer.
  3. Cara memperbaiki speedometer motor Honda Karisma diatas tidak ada perubahan juga, maka anda bisa melakukan pengecekan berikutnya pada bagian perangkat speedometer sepeda motor Karisma.

Speedometer motor Honda Karisma menggunakan sistem elektronik bukan mekanik, jadi tidak menggunakan kabel yang dipasang pada sebagai roda depan, tapi kabel listrik yang mengirimkan sinyal (pulsa) listrik yang dihasilkan oleh sensor yang di tempel di bagian transmisi.

Jadi bila speedometernya tidak bekerja kemungkinan adalah kabelnya putus, soketnya kendor, sensor velocity yang rusak.

Sumber : Karisma Fans Club

 

 

 

Kenali Cacat pada Knalpot Motor

Tinggalkan Balasan