home Berita Terkini, Tips Solusi Otomotif : Mengatasi Motor Yang Lama Tak Dipakai

Solusi Otomotif : Mengatasi Motor Yang Lama Tak Dipakai

Solusi Otomotif : Mengatasi Motor Yang Lama Tak Dipakai

MobilKomersial.com – Bagi Anda yang ingin mudik lebaran ke kampung halaman ataupun pergi dengan waktu yang cukup lama dan akan meninggalkan sepeda motor di rumah, jangan kira motor yang ditinggal nanti masih dalam kondisi prima. Anggapan motor akan lebih awet jika lama tak digunakan itu sangatlah keliru.

Tidak menggunakan motor cukup lama justru sebenarnya sangat beresiko, apalagi ditempatkan secara sembarangan. Ibarat manusia istirahat yang berlebihan sangat tidak sehat, begitupun yang terjadi pada motor Anda. Berikut ini beberapa tips agar motor Anda tetap awet meskipun lama tak digunakan.

Langkah pertama. Isi penuh tangki bahan bakar. Fungsi full tangki (tangki penuh) berguna untuk mencegah karat, karena karat akan mudah sekali timbul pada tangki yang kekeringan.

Isi penuh juga Oli Transmisi, agar semua komponen di dalamnya terendam oli. Standarnya oli  ini hanya menerendam setengah bagian komponen  transmisi,  tetapi karena perputaran komponen tersebut semuanya mendapat pelumas. Karena motor lama didiamkan (tak ada perputaran komponen) pasti  yang dapat jatah oli cuma setengah  untuk itu harus dipenuhi dulu.

Berikan pelumas ekstra pada ruang bahan bakar. Caranya  dengan memasukan oli secukupnya lewat lubang busi. Hal ini penting  karena dinding silinder yang tidak terpakai  sangat mudah terserang karat,akibat dari sifatnya yang dibuat  agar mudah melepas panas sehingga mudah terjadi pengembunan.

Baca Juga : Cara Mudah Pilih Jasa Cuci Mobil yang Tepat

Copot Accu, buang airnya hingga kering lalu simpan pada tempat yang tidak lembab.Ini dimaksudkan untuk menghindari Sulfasi/pengapuran pada terminal ACCU akibat zat Kimia.

Berikutnya Posisikan motor dengan kedua roda tanpa tekanan angin dan mengambang. Caranya Ganjalah mesin dengan Balok atau apa saja, agar roda depan terangkat tetapi tidak sampai membuat roda belakang menempel ke lantai.Hal ini dimaksudkan agar ban tidak mendapat beban berat disatu sisi saja dalam waktu lama karena dapat merusak ban itu sendiri.

One thought on “Solusi Otomotif : Mengatasi Motor Yang Lama Tak Dipakai

Tinggalkan Balasan