home Berita Terkini, Teknologi Scania Kenalkan Mesin Truk Berbahan Gas Terbaru Enam Silinder

Scania Kenalkan Mesin Truk Berbahan Gas Terbaru Enam Silinder

Scania Kenalkan Mesin Truk Berbahan Gas Terbaru Enam Silinder 

Scania memperkenalkan mesin diesel baru berbahan bakar gas untuk truk heavy duty bertenaga maksimum 410 horse power. Mesin yang diperkenalkan ini bertipe OC13 enam silinder dan cocok untuk truk yang dioperasikan mengangkut muatan untuk lintas jarak jauh maupun truk untuk sektor konstruksi. Dengan kapasitas tangki LNG yang sangat memadai, dengan kondisi terisi gas penuh, truk ini mampu menempuh jarak hingga 1.100 km.

Mesin dengan standar emisi gas buang Euro 6 ini memiliki kapasitas kubikasi 13 liter. Scania mengklaim, performa mesin diesel gas ini sama bagusnya dengan mesin diesel berbahan bakar solar konvensional buatannya. Bedanya, mesin ini lebih ramah terhadap lingkungan karena emisi gas buangnya yang amat rendah dan diklaim mampu menurunkan emisi karbon CO2 antara 15 sampai 90 persen.

“Eropa saat ini membutuhkan truk berbahan bakar gas untuk transportasi jarak jauh,” ungkap Henrik Eng, Product Director Urban di Scania Trucks seperti dikutip PR Newswire. “Mesin ini memenuhi kebutuhan operasi truk yang memberikan manfaat ekonomi lebih baik karena menggunakan bahan bakar gas,” lanjutnya.

Dengan tenaga maksimum 410 horse power, mesin OC13 dari Scania ini mampu memberikan torsi tertinggi 2000 Nm pada 1100 sampai 14000 rpm. Data tersebut merupakan perbandingan dengan mesin diesel konvensional dengan kapasitas mesin sama. Dengan mesin ini, truk dapat menarik beban semi trailer dengan berat muatan hingga 40 ton. Jika tangki LNG-nya dikonfigurasi (dipasang) ganda, di kiri dan kanan, truk ini mampu melahap jarak hingga 1600 km dalam sekali isi LNG.

“Selama ini truk dengan mesin berbahan bakar diesel konvensional memiliki kendala pada jarak tempuh yang lebih terbatas dalam sekali isi bahan bakar terutama untuk kebutuhan transportasi jarak jauh. Scania berhasil mengatasi kendala tersebut dengan menghadirkan mesin ini yang sekaligus juga mampu menurunkan emisi karbon,” kata Johan Muhlbach, Product Manager Gas di Scania Trucks.

 

 

 

General Motors Kembangkan Kendaraan Komersial Masa Depan

Penulis: Ariefandi

Tinggalkan Balasan