home Berita Terkini, Tips Saat Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Tabrak Tiang Listrik

Saat Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Tabrak Tiang Listrik

Saat Berkendara di Malam Hari, Perhatikan Hal Ini Agar Tidak Tabrak Tiang Listrik

Jakarta, MobilKomersial.com – Berkendara di malam hari tentunya harus disertai tingkat kesiapan maupun kefokusan yang ekstra. Karena beberapa faktor dapat mempengaruhi kita saat berkendara di malam hari.

Pada malam hari, kemampuan mata menangkap jarak, warna dan sudut pandang jauh, pasti tak sama dengan siang hari. Apalagi saat kita dalam keadaan lelah, semua itu bisa mempengaruhi konsentrasi.

Berikut MobilKomersial berikan tips agar aman saat berkendara di malam hari.

  1. Persiapan mobil

Pastikan mobil selalu siap untuk melakukan perjalanan di malam hari. Lampu depan dan belakang, lampu indikator, mesin mobil, rem, serta ban, termasuk ban serep, dongkrak hingga accu harus dalam kondisi baik. Begitu juga dengan kaca mobil yang harus bersih luar dan dalam.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Usahakan jangan merokok di dalam mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan mengemudi dalam kondisi sadar, sehat dan tentunya tak terkontaminasi oleh obat-obatan dan alkohol.

  1. Nyalakan lampu jauh jika diperlukan

Jika ragu ada sesuatu di depan mobil, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh tak hanya membantu kita melihat lebih jelas, tapi juga membuat pengendara lain mengetahui ada kendaraan yang kita kemudikan walau dari kejauhan.

  1. Perlambat dan jaga jarak

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain. Maka dari itu kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau belakang kita. Sekaligus memberikan persiapan bila ada pengereman mendadak.

  1. Jangan sembarangan menyalakan lampu lain

Sangat disarankan tak memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa membuat pengemudi di depan terasa silau. Jika sudah begitu, dengan pandangan terbatas, pengemudi di depan dapat kehilangan kendali dan berbalik menabrak kita.

  1. Jika disilaukan sorotan lampu kendaraan lain.

Bila terbalik kita yang sedang dalam posisi dengan sorotan lampu jauh dari pengemudi di depan, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi le sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tak dibutakan oleh lampu.

  1. Saat parkir mobil

Hindari parkir di tempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang. Selain itu jangan meninggalkan barang-barang berharga dan pastikan mobil sudah terkunci sebelum anda meninggalkannya.

Semoga tips ini bermanfaat dan dapat menjadi masukan bagi MobKomers.

Tinggalkan Balasan