home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk Miniatur Bus Buatan Nomo Karoseri , Produk Indonesia Asli

Miniatur Bus Buatan Nomo Karoseri , Produk Indonesia Asli

MobilKomersial.com —  Miniatur bus saat ini menjadi hobi di kalangan para penggemar bus, tak kenal umur bus miniatur di gemari dari segala umur baik anak kecil, remaja maupun dewasa. Bentuknya yang menyerupai bus aslinya menjadikan miniatur bus ini istimewa. Banyak kolektor yang membeli dengan mempertimbangkan skala dan kemiripan dengan bus aslinya.

“Kolektor itu orang yang pintar, mereka mau yang sama persis dan detail, harga tidak menjadi urusan” ujar Nomo pemilik dari Nomo Karoseri.

Nomo Karoseri adalah perusahaan mandiri yang didirikan oleh Nomo dengan bermodalkan pengalaman dan kecintaan terhadap bus. Berawal dari bekerja sebagai pekerja di bagian casis mobil besar, Nomo nekat keluar dari pekerjannya untuk mendirikan usaha sendiri. Usaha yang terbilang masih “gambling” dan belum besar, Nomo nekat mengadu nasibnya. “Hidup itu harus spekulasi, kalau mau berhasil” ujar pria yang tinggal di cikarang ini.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Nomo bisa memproduksi miniatur bus 1 unit dalam 1 minggu untuk miniatur yang standar, namun bisa 1 bulan untuk yang lebih detail dan diberi hiasan lampu. Nomo mengerjakan miniatur seorang diri, belum ada yang membantu nya oleh karena itu order yang bisa di ambil sangat terbatas. Setelah dua tahun berdiri, Nomo Karoseri sudah tidak mencari pelanggan lagi, namun sudah banyak yang mencari untuk dibuatkan miniatur bus oleh Nomo Karoseri. Untuk tahun 2017 ini, Nomo Karoseri sudah full order dan bagi yang ingin memesan bisa di masukan ke daftar waiting list.

“Untuk 2017 ini memang sudah full order, nanti jika ada yang berminat bisa di masukan ke waiting list” ujarnya pada tim MobilKomersial.com.

Bahan yang digunakan seluruhnya asli dari indonesia, dibuat secara handmade olehnya sendiri. Bahan triplek menjadi bahan utama untuk membentuk badan bus dan akrilik untuk kaca nya. Untuk bagian interior, Nomo membuat tempat duduk penumpang dengan bahan resin.

Untuk harga, Nomo Karoseri mengenakan tarif berkisar Rp 1,5 – 2 jt untuk satu unit miniatur bus. Bicara soal harga pasti di imbangi oleh kualitas juga. “Keunggulan miniatur dari Nomo Karoseri adalah detailnya, mulai dari lengkungan, painting dan interior, namun setiap produsen pasti memiliki ciri khas sendiri” tambahnya.

Pembeli Nomo Karoseri biasanya dari para penggemar bus, penggemar miniatur bus, kolektor maupun perusahaan otobus. “Orang luar negeri pun sudah ada yang memesan dari Nomo Karoseri, tapi saya gak ambil karena keterbatasan wawasan saya untuk melakukan pengiriman keluar negeri” tambah Nomo.

Saat di event Hobbycon yang diselenggarakan oleh Grand Galaxy Park Mall, Bekasi, Nomo Karoseri juga mencoba mambuat sparepart miniatur bus dengan menggunakan printer 3D.