home Berita Terkini, Bus & Truk, Truk Mercy Bagong, Truk Butut yang Masih Wara-wiri di Jalanan

Mercy Bagong, Truk Butut yang Masih Wara-wiri di Jalanan

Mercy Bagong, Truk Butut yang Masih Wara-wiri di Jalanan

Jakarta, MobilKomersial.com – Truk Mercedes-Benz L Series atau biasa dikenal dengan istilah truk Bagong adalah salah satu truk yang legendaris di Indonesia. masanya, Truk pengangkut barang berkepala merah dan selalu terdengar “rengekan” mesin yang cukup keras di telinga ini masih banyak digunakan hingga saat ini karena mesinnya yang dikenal tangguh.

Disebut “Bagong” lantaran dilihat dari bentuk kepala truk yang Meski demikian, truk tersebut sangat bandel. Masa produksi truk itu berlangsung sejak 1959 hingga 1995. Kendaraan pengangkut yang legendaris itu dilengkapi mesin diesel 6 silinder direct injection OM352 dengan kapasitas 5.700cc dengan sistem penggerak roda 4×4.

Selain terkenal di Indonesia, truk pengangkut tersebut juga sangat terkenal di Amerika Serikat. Pada sekitar 1970 hingga 1980 truk kargo, mobil pemadam kebakaran, truk sampah, bahkan truk tentara semuanya menggunakan truk bandel tersebut. Karena truk tersebut berbodi bongsor yang mampu mengangkut beban lebih banyak. Truk tersebut juga banyak digunakan di negara-negara Afrika dan Irak.

Meskipun terlihat klasik, truk tersebut mempunyai beberapa fitur penambahan, seperti AC, ABS, maupun fitur-fitur truk modern lain.

Truk buatan Jerman ini mempunyai varian seperti Mercedes-Benz L332 dan L334 bisa mengangkut barang hingga 19 ton. Selain itu varian lainnya, yakni Mercedes-Benz L327 bisa mengangkut hingga 14 ton dan Mercedes-Benz L323 bisa mengangkut beban hingga 7,5 ton.

2 thoughts on “Mercy Bagong, Truk Butut yang Masih Wara-wiri di Jalanan

Tinggalkan Balasan