home Berita Terkini, Transportasi Menhub Budi Karya Pantau Ramp Check Bus Jelang Natal dan Tahun Baru

Menhub Budi Karya Pantau Ramp Check Bus Jelang Natal dan Tahun Baru

Menhub Budi Karya Pantau Ramp Check Bus Jelang Natal dan Tahun Baru

Jakarta, MobilKomersial.com – Jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2018 mendatang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) pada bus, di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (25/11).

Menhub menjelaskan, dengan melakukan uji kelaikan angkutan bus, potensi kecelakaan bisa ditekan hingga 30 persen. Pasalnya, kecelakaan menduduki pembunuh nomor satu di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

“Tahun 2016-2017 kita sudah berupaya dan perbaikannya tinggi sekali, kurang lebih bisa mengurangi 20 sampai 30 persen kecelakaan terutama saat Lebaran kemarin. Kita ingin konsisten dengan ramp check hari ini supaya bisa turun lagi 30 persen,” kata Budi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/11).

Dalam pengecekan itu, Menhub akan menempelkan stiker berlogo Kementerian Perhubungan jika kendaraan dinyatakan lolos dan laik untuk beroperasi.

Sebanyak 25 bus siap diuji pemeriksaan ramp check dengan rincian empat bus dinyatakan tidak laik karena masa berlaku perizinan operasi sudah habis sehingga harus diperbarui. Sementara delapan diantaranya sudah dilakukan ramp check dan lulus.

Selain pemeriksaan kelaikan kendaraan, Menteri Budi juga melakukan penempelan stiker pada taksi berbasis aplikasi “online” sebagai identitas bahwa angkutan khusus tersebut resmi mendapat izin operasi.

Penempelan stiker di jendela kaca depan dan belakang kendaraan, merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam regulasi terbaru penyelenggaraan taksi online, yakni Peraturan Menteri (PM) 108 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Menteri Budi berharap penggunaan transportasi massal pada musim libur Natal dan Tahun Baru dapat meningkat sehingga tidak menimbulkan kemacetan perjalanan antarkota.

 

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan