home Berita Terkini, Teknologi Mengenal Sistem Diesel Common Rail

Mengenal Sistem Diesel Common Rail

Mengenal Sistem Diesel Common Rail

Jakarta, MobilKomersial.com – Banyak agen pemegang merek (APM) kendaraan komersial, kini mulai ramai mengusung mesin diesel common rail pada produk baru mereka, yang kerap diistilahkan dengan common rail direct injection (CRDI). Teknologi ini dikembangkan untuk menuntaskan masalah pada solar berkualitas rendah, saat proses pembakaran di dapur pacu. Hasilnya pembakaran yang jauh lebih cepat dan sempurna, sehingga ramah lingkungan.

Cara kerja diesel common rail, semua injektor terletak dalam satu rel yang sama dari pompa injektor, yang bertugas menyemprotkan solar secara langsung (direct) ke dalam ruang bakar. Sementara pada mesin diesel konvensional, masing-masing injektor memasok solar sendiri dari pompa injeksi.

Pada awal pengembangannya, teknologi diesel common rail dirancang agar mampu memberikan tekanan hingga 1.350 bar atau 20.000 psi. Namun kini sudah dapat menghasilkan kompresi hingga mencapai 1.800 bar, yang menuntut adanya material pipa khusus yang kuat.

Lewat pengembangan mesin diesel common rail ini, selain dapat menghemat bahan bakar hingga 20% dan menurunkan emisi gas buang, noise-pun dapat berkurang lantaran pembakaran lebih optimal. Di samping itu, tenaga yang dihasilkan pun akan meningkat hampir dua kali lipat ketimbang mesin diesel konvensional

Mengenal Sistem Diesel Common Rail

 

 

Mercedes-Benz Sukses Uji Coba Tiga Truk Otonom-nya

Tinggalkan Balasan