home Berita Terkini, Teknologi McLaren Kembangkan Sistem Baru Pengganti Wiper

McLaren Kembangkan Sistem Baru Pengganti Wiper

Wiper pada mobil adalah sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan. Fungsinya sangat vital untuk menjaga pandangan, sehingga pengemudi bisa berkendara dengan aman dalam hujan maupun salju.

Namun, sebuah tren baru sedang terjadi di dunia otomotif. McLaren akan mengganti wiper dengan sebuah sistem gelombang suara.

Wiper adalah sebuah produk tua yang cukup lama dipakai dalam dunia otomotif. Dibuat oleh Mary Anderson di tahun 1903, wiper sudah 100 tahun lebih melayani manusia. Sekarang tampaknya wiper harus bernafas lega karena tidak lama lagi penggantinya akan muncul.

Mobkom-Image-McLaren-Kembangkan-Sistem-Baru-Pengganti-Wiper
Foto: Motors UK

McLaren dikabarkan sedang mengembangkan sebuah sistem baru pembersih kaca depan. Sistem ini akan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi. Sistem tersebut hampir sama dengan apa yang dokter gigi pakai untuk menghilangkan plak pada gigi pasiennya.

Sementara itu pihak pabrikan sendiri masih menutup rapat-rapat mulutnya perihal teknologi ini. Kejelasan baru datang setelah sang kepala arsitek, Frank Stephenson, menjelaskan detilnya. Dalam sebuah interview untuk The Sunday Times,Frank berujar bahwa sistem tersebut sama seperti yang digunakan militer dalam penerbangan.

“Pernahkan kamu melihat wiper ada di pesawat terbang ketika mereka mau mendarat?” dia bertanya. “Aku diberitahu jika itu bukan karena pelindungnya, melainkan adanya sebuah sistem elektronik frekuensi tinggi yang ada di depan kaca yang menyingkirkan semua materi yang mengganggu,” jelasnya.

Sebuah inovasi yang luar biasa dari McLaren. Selain akan menambah aerodinamitas dari mobil, sistem ini juga akan membuat mobil lebih ringan. Rencananya pabrikan asal Inggris tersebut akan menggunakan teknologi ini untuk supercar terbarunya di tahun 2015.

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

Tinggalkan Balasan