home Berita Terkini, Bisnis Bus & Truk, Bus & Truk Kota Malang Menjadi Gudangnya “Pembuat Bus” di Indonesia

Kota Malang Menjadi Gudangnya “Pembuat Bus” di Indonesia

Jakarta, MobilKomersial.comKota Malang menjadi gudangnya “Pembuat Bus” di Indonesia. Berbicara tentang bus, khususnya bus medium dan bus besar yang hadir di Indonesia, rasanya nama Kota Malang di Jawa Timur tak akan pernah terlewatkan. Ya, kota ini boleh dibilang menjadi gudangnya industri karoseri bus di pulau Jawa, lantaran di sana terdapat cukup banyak perusahaan body builder untuk kendaraan komersial bus dan masing-masing berkembang cukup baik.

‘Tradisi’ industri karoseri bus di Malang juga tidak tumbuh secara instan, tapi sudah muncul sejak hadirnya sasis bus yang dipasarkan oleh para agen pemegang merek (APM) di awal tahun 1980-an. Tak heran jika varian bus yang dihasilkan oleh industri karoseri di kota ini banyak disukai oleh kalangan operator bus, baik bus antarkota maupun operator bus pariwisata lantaran hasil akhir pengerjaannya (finishing) yang terkenal rapi, konsisten dalam mutu dan elegan.

Industri karoseri tersebut antara lain Adi Putro, Morodadi Prima, Tentrem, Piala Mas dan pendatang baru, Kasturi. Lokasi industri karoseri tersebut tersebar di bebarapa titik. Ada yang secara administratif berada di wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang. Ada juga yang berada di perbatasan Malang dan Kabupaten Pasuruan.

Karoseri Adi Putro, Elegan dan Memukau

Karoseri-ilustrasi
Model Jetbus 2 buatan karoseri Adi Putro, Malang

Boleh dibilang, dari semua industri karoseri yang berada di Malang, yang paling menonjol adalah Karoseri Adi Putro. Karoseri ini berkibar di bawah bendera PT Adi Putro Wirasejati yang dikelola oleh keluarga David Jethrokusumo. Karoseri ini boleh dibilang menjadi salah satu trendsetter industri karoseri bus di Indonesia. Mengapa? Karena model-model bus yang mereka rilis ke pasar selalu diminati pelanggan, yakni para operator bus pariwisata dan bus antarkota.

Tak heran jika desain bus yang dirilis Adi Putro banyak ditiru oleh karoseri lain. Pada model-model tertentu yang sangat laris di pasar, tingkat kemiripan garapan eksteriornya boleh dibilang sudah mencapai 90 persen lebih.

Model bus yang pernah tenar hasil garapan Adi Putro antara lain Travego, New Travego, Setra selendang, dan yang terbaru dan dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show 2014 September lalu, Setra Top Class 500. Model-model tertentu seperti New Travego sangat populer di kalangan operator bus hingga kemudian mendorong Adi Putro memunculkan beberapa versi facelift-nya.

Armada bus PO Haryanto model Jetbus buatan karoseri Adi Putro, Malang - M. Arif
Armada PO Haryanto model Jetbus

Misalnya, New Travego Jetbus, New Travego Jetbus 2. Adi Putro juga menjadi trendsetter bus high deck (lantai kabin tinggi) yang membuat badan bus hasil rancangannya 20-30 cm terlihat lebih tinggi dibanding rata-rata bus dengan ketinggian lantai standar. Adi Putro juga mengerjakan bus apron untuk sejumlah bandara di Indonesia seperti Juanda di Sidoarjo dan Ngurah Rai di Bali.

Bus-bus garapan Karoseri Adi Putro dikerjakan di workshop mereka di daerah Karanglo, Kota Malang, tepatnya di Jl. Balearjosari No.35 Karanglo, Malang. Adi Putro juga memiliki workshop di Bekasi, Jawa Barat, untuk melayani jasa perbaikan. Banyak operator bus yang menjadi pelanggan loyalnya. Antara lain, PO Haryanto, PO Nusantara (Kudus), Akas Asri, Akas NR (Probolinggo), PO Harapan Jaya, PO Rukun Jaya (Tulungagung), PO Safari (Ungaran), PO Pahala Kencana, PO Kramat djati, PO Hiba Utama, PO Sinar Jaya, PO Blue Star, Panorama, Laks, PO Safari Dharma Raya, PO Garuda Mas (Jakarta), Medan Jaya (Medan), Kurnia (Banda Aceh), Kerub (Bogor), PO Senja Furnino, PO Muji Jaya (Jepara), PO Subur Jaya (Rembang), PO Efisiensi (Kebumen).

Adi Putro juga mengerjakan penggarapan bus medium. Model yang populer di kalangan operator bus adalah Jetbus MD yang menggunakan platform model New Travego. Selain itu, karoseri ini juga mengerjakan pesanan microbus empat roda. Model yang paling populer saat ini adalah Jetbus MC.

Karoseri Morodadi Prima, Awet dan Tidak Limbung

2_
Armada bus PO Mila Sejahtera, Probolinggo, Jatim gunakan model New Patriot & Ventura buatan karoseri Morodadi Prima

Di kalangan operator bus malam, nama Morodadi Prima sangat terkenal sebagai industri karoseri yang piawai membuat bus dengan desain sederhana namun tetap elegan, sekaligus awet dengan lifetime pemakaian yang lama. Ciri khas lainnya, bus-bus buatan karoseri ini dikenal kokoh dan tidak limbung saat diajak bermanuver ketika dioperasikan di jalan raya. Tak heran jika karoseri ini memiliki banyak pelanggan loyal yang konsisten selalu memesan bus barunya ke karoseri ini untuk penambahan ataupun peremajaan armada.

Awalnya, karoseri ini mengerjakan karoseri untuk mobil kecil sekelas Colt T120 dan kemudian berkembang menjadi industri karoseri yang besar dan disegani. Karoseri ini dikelola oleh keluarga Bambang Gunawan Lie dan boleh dibilang menjadi salah satu karoseri bus tertua di Indonesia.

Di awal beroperasinya karoseri ini bernama Tanaking dan mengerjakan karoseri untuk mobil penumpang kecil sekelas Mitsubishi Colt T120 dan microbus dan kemudian berkembang merakit bodi bus medium dan bus besar. Nama Tanaking kemudian diubah menjadi Morodadi dan kemudian berganti nama menjadi Morodadi Prima.

Model-model bus buatan karoseri ini yang sangat digemari pelanggannya seperti New Patriot, Grand Turismo, Ventura, dan Zonda Bus. Sebagaimana Adi Putro, Morodadi Prima juga menggarap bus apron untuk bandara dan kini dioperasikan di sejumlah bandara di Indonesia.

2Sejumlah operator bus yang menjadi pelanggan setia dan pernah menjadi pelanggan lamanya antara lain PO Jaya (Ponorogo), PO Remaja, Ramayana (Magelang), PO Harapan Jaya (Tulungagung), PO Akas IV, Akas NR, Akas N1, PO Mila (Probolinggo), PO Putra Remaja (Jogjakarta), PO ANS (Padang), PO Nusantara (Kudus), PO Agra Mas (Karawang) dan PO Blue Star (Jakarta). Pelanggan Morodadi Prima juga banyak berasal dari kalangan operator wisata seperti perusahaan tour dan travel di Pulau Bali.

Karoseri Morodadi Prima mengelola workshopnya di Kecamatan, Singosari, tepatnya di Jalan Raya Randu Agung, Singosari, Malang. Untuk melayani perbaikan armada pelanggan yang sangat banyak di Pulau Bali, karoseri ini juga mengoperasikan fasilitas workshop di sana, tepatnya di Jalan Mahendradatta 138, Denpasar, Bali. Fasilitas ini resmi beroperasi sejak Oktober 2012. Untuk menjaga kualitas produknya, karoseri ini telah mengantongi sertifikasi ISO 9001-2008 dari British Standard Institute.

Karoseri Tentrem, Hadir dan Langsung Menghentak

4
Armada PO Rukun Jaya Tulungagung, andalkan model Scorpion X garapan karoseri Tentrem

Saat mulai menggeliat di pertengahan  2000-an, kehadiran Tentrem di industri karoseri langsung mengejutkan kompetitor dan juga para operator bus lantaran model-model bus yang dihasilkannya menarik, rapi, tidak mengikuti arus, alias tidak mengekor model desain bus yang sedang menjadi mainstream. Tak heran jika model-model terbaru yang dihasilkan karoseri ini mendapat tempat di benak pelanggan.

Baca Juga : Banyak Yang Tidak Tahu Karoseri

Banyak operator bus yang semula loyal hanya pada satu karoseri tertentu, akhirnya memesan bus ke Karoseri Tentrem untuk peremajaan atau penambahan armadanya. Model-model bus dari Tentrem yang terkenal dan digemari pelanggan antara lain, Inspiro, Galaxy, Jupiter, Scorpion King, Scorpion X, dan Max.

Model Scorpion King boleh dibilang menjadi desain bus yang paling menghentak di pasar dan sempat mengejutkan banyak operator bus lantaran tampilan eksterior dan interiornya yang gagah, megah dan gahar sekaligus elegan. Model ini dirancang dengan mengadopsi bus Scania Touring yang hadir di Swedia dan pasar Eropa.

4___Sejumlah operator bus yang menjadi pelanggan karoseri, antara lain PO Hiba Utama (Jakarta) PO Harapan Jaya, PO Rukun Jaya (Tulungagung), PO Siliwangi Antar Nusa (Jambi), PO Bejeu (Jepara), Warga Baru (Karawang), PO PO Medali Mas, PO Harapan Baru (Malang), PO Mira (Sidoarjo), PO Surya Kencana (Sumbawa), PO Bimo (Jogjakarta), PO Vircansa.

Karoseri Tentrem merintis usahanya bermula dari bengkel reparasi bus untuk armada bus milik PO Tentrem, yang berbasis di Malang, dan kemudian berkembang menjadi industri karoseri yang disegani. Karoseri ini didirikan tahun 1986 oleh keluarga Tatang Wahyudi, pemilik PO Tentrem, yang melayani trayek bus antarkota dalam provinsi Malang-Surabaya PP. Workshop karoseri ini berlokasi di Jl Perusahaan No. 10 Tanjungtirto, Singosari, Malang.

Karoseri Piala Mas , Sanggup Garap Bus Apron

Karoseri Piala Mas awalnya lebih dikenal sebagai operator bus antarkota dalam provinsi yang melayani trayek beberapa kota di Jawa Timur sebelum kemudian mengembangkan usaha karoseri. Bus hasil garapan karoseri ini juga dikenal rapi. Modelnya pun tak kalah dari karoseri yang sudah lebih dulu terkenal di Malang.

Model-model bus yang dipasarkan karoseri ini antara lain Ventura, VDL, dan Jetbus PM. Karoseri yang berdiri pada 1978 ini dirintis oleh duet Soetrisno dan Haliman Halim. Sejak tahun 1996 karoseri ini dikelola oleh Indra Soedjoko dan memusatkan aktivitas workshopnya seluas 9.000 meter persegi di Jl. Raya Randuagung 202, Singosari, Malang.

Selain mengerjakan pesanan bus-bus besar, Piala Mas juga mengerjakan pesanan bus medium dan microbus dan bus untuk kebutuhan khusus. Karoseri ini juga sanggup mengerjakan pesanan bus apron untuk bandar udara.

15

Beberapa PO yang menjadi pelanggan setianya antara lain Perum Damri (Jakarta), PO Sandy Putra (Jember), PO Bagong, PO Piala Mas (Malang), PO Dedy Jaya (Brebes), PO Tiara Mas (Surabaya), PO Gunung Mulia (Bali), PO Armada Jaya Perkasa (Serang), PO Trikayana, PO Hasyim Asyari, PO Sido Rukun, Oke Trans termasuk Perum DAMRI.

 

 

Tinggalkan Balasan