home Berita Terkini, Mancanegara, Mobil, Teknologi Kini Isi Ulang Mobil Listrik Bisa Tanpa Kabel

Kini Isi Ulang Mobil Listrik Bisa Tanpa Kabel

Kini Isi Ulang Mobil Listrik Bisa Tanpa Kabel

MobilKomersial.com Dunia otomotif makin hari makin saja ada kecanggihan yang tercipta. Dalam beberapa tahun terakhir muncul teknologi-teknologi, mulai dari mobil bertenaga alternatif, hingga mobil tanpa awak.

Kini satu lagi teknologi yang dipertontonkan salah satu pabrikan otomotif dunia. Dalam ajang Consumer Electronics Show 2015, BMW memperkenalkan kecanggihan teknologi terbaru mereka.

Teknologi itu ialah pengisian baterai mobil listrik secara nirkabel, seperti ponsel pintar yang banyak beredar saat ini. Dengan menggunakan teknik induksi, energi listrik dialirkan melalui gelombang magnet dari pemancar ke penerima.

Pemancar tersebut biasanya diletakan di garasi rumah anda, sedangkan penerima dipasangkan di bagian bawah mobil. Cara kerjanya, saat mobil terparkir tepat di atas pemancar, sistem akan mulai menghantarkan listrik ke mobil.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BMW mengklaim, pengisian dengan cara ini dapat membuat baterai mobil terisi penuh dalam waktu dua jam, kurang lebih sama dengan teknik konvensional.

BMW juga memastikan kekuatan energi yang dipancarkan di bawah standar yang ditentukan pemerintah, sehingga aman untuk manusia. Selain itu, mereka juga menambahkan fitur pemutus otomatis yang akan bekerja saat pemancar terkena air atau salju.

 

Editor : Lombardi

 

Tinggalkan Balasan