home Berita Terkini, Teknologi, Transportasi Indonesia Optimistis Terapkan Kendaraan Listrik

Indonesia Optimistis Terapkan Kendaraan Listrik

Tren kendaraan listrik yang beredar di luar negeri tampaknya turut berpengaruh sampai ke dalam negeri. Asisten Deputi IPTEK Pariatmono melansir Kementrian Riset dan Teknologi Indonesia optimis memberlakukan kendaraan listrik massal pada tahun 2017.

Ditemui di sela-sela uji coba prototipe kendaraan listrik di Surabaya,  Pariatmono berkomentar perihal kesiapan  Indonesia dalam teknologi anyar tersebut. Dia mengatakan bahwa kesiapan teknologi mobil listrik di Indonesia sudah mencapai level tujuh.

Demi mencapai level sembilan dimana proses industrialisasi dapat berlangsung harus dilakukan secara bertahap. “Dari level tujuh, untuk mencapai level delapan, mobil listrik harus menjalani uji coba di lingkungan sebenarnya terlebih dahulu,” kata Pariatmono.

Mobkom-Image-Indonesia-Optimis-Terapkan-Kendaraan-Listrik-di-2017

Pariatmono mengatakan tahun depan Kemenrsitek menaruh target pada pengembangan baterai. Diharapkan baterai tersebut akan memiliki kapasitas 200 watt per-jam. Dengan menaruh fokus pada angkutan massal dalam kota dan kendaraan instansi pemerintah mentargetkan akan dapat mencapai kapasitas baterai 500 watt per jam di level industri nanti.

Sebelumnya, LIPI juga mencoba inovasi teknologi inovatif dengan energi terbarukan. Buktinya, beberapa waktu lalu, di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Serpong, Tangerang, mereka melakukan soft launching dua varian kendaraan bertenaga listrik, yakni bus dan sedan. Kendaraan listrik itu diberi nama Hevina yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi udara

Admin

Jurnalis muda yang bersemangat dan selalu ingin belajar. Sekarang berkonsentrasi dalam dunia otomotif di MobilKomersial.com

One thought on “Indonesia Optimistis Terapkan Kendaraan Listrik

Tinggalkan Balasan