Hino Motor Sales Indonesia Hadirkan Simulator Truk dan Bus Karya Anak Bangsa

Hino Motor Sales Indonesia Hadirkan Simulator Truk dan Bus Karya Anak Bangsa

Berita Terkini Bisnis Bus & Truk Bus & Truk

Hino Motor Sales Indonesia Hadirkan Simulator Truk dan Bus Karya Anak Bangsa

Di sela acara pembukaan Hino Customer Satisfaction Contest (Hino CS Contest) 2017 di Hino Training Center di kawasan Jatake, Tangerang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) hadirkan simulator pengemudi bus dan truk yang dibuat oleh anak bangsa. Driving simulator bernilai Rp 700 juta ini dirancang menyerupai kondisi mengemudi yang sebenarnya menggunakan kabin truk Hino Ranger series.

Simulasi Dalam Berkendara

“Di unit simulator ini terdapat layar monitor yang mampu menampilkan simulasi berkendara selama kurang lebih 10 menit lengkap dengan berbagai varisi kondisi jalan dan rintangan sebagaimana biasa ditemukan di jalanan di Indonesia.” ujar Irwan Supriyono, Senior Executive Officer After Sales HMSI.

Driving simulator ini dirancang untuk memberi pelatihan kepada pengemudi truk dan bus Hino tentang cara mengemudi yang baik, aman dan nyaman serta tetap mematuhi rambu lalu lintas. Dengan driving simulator ini, HMSI dan jaringan diler Hino tidak perlu menyiapkan lintasan panjang atau area terbuka untuk memberikan pelatihan kepada pengemudi untuk pelanggan yang membeli truk dan bus Hino. Kegiatan edukasi safety driving pun menjadi lebih efisien. Pelatihan dapat digelar kapan saja, bahkan malam hari.

Driving simulator

ini menjadi alat bantu untuk pengemudi tentang bagaimana mengemudikan truk dan bus Hino dengan baik, benar aman di jalan raya. Simulator ini sudah kita bikin mendekati kondisinya sebenernya di lapangan, termasuk medan tanjakan, turunan, beban muatan dan lain lain,” jelasnya lebih lanjut

Menariknya, driving simulator ini dibuat dan dirancang di Indonesia melibatkan ahli teknologi informasi dari Indonesia pula, termasuk untuk penggunaan perangkat lunaknya.

Irwan menambahkan, untuk pemberian pelatihan safety driving menggunakan simulator digital ini pihaknya bekerja sama dengan kepolisian dengan sistem scoring yang diberikan oleh komputer melalui software yang sudah ter-install di dalamnya.

Pelatihan Mengemudi

“Komputer akan memberikan penilaian untuk setiap hasil pelatihan ke pengemudi. Komputer akan menghitung secara digital berapa pencapaian peserta, termasuk misalnya punishment (hukuman) jika misalnya pengemudi melanggar marka jalan dan rambu rambu,” jelas Irwan seraya menambahkan, driving simulator ini bisa dimanfaatkan tidak hanya bagi internal Hino tapi juga oleh customer Hino, termasuk dari instansi pemerintah dan swasta.

Tinggalkan Balasan