home Berita Terkini, CSR Galang Kepedulian Terhadap Penyakit Thalassaemia, Daihatsu Sumbang Satu Unit Grand Max

Galang Kepedulian Terhadap Penyakit Thalassaemia, Daihatsu Sumbang Satu Unit Grand Max

Galang Kepedulian Terhadap Penyakit Thalassaemia, Daihatsu Sumbang Satu Unit Grand Max

Jakarta, MobilKomersial.com – Hari ini, Daihatsu Indonesia menggelar salah satu rangkaian program Company Social Responsibility (CSR) yaitu Daihatsu Peduli Thalaasaemia dan Galang Donor Darah yang bertajuk “Yes We Care” di aera parkiran Gedung ESDM, Jakarta. Program CSR ini selain galang kepedulian kepada masyarakat, Daihatsu juga memberikan bantuan pengadaan sarana transportasi berupa satu unit mobil Grand Max. Sumbangan kendaraan itu sebagai kendaraan operasional bagi Yayasan Thalasaemia Indonesia untuk dijadikan sarana dalam melakukan pemberian edukasi dan bantuan penanganan kepada penderita Thalassaemia.¬†

Turut hadir dalam acara seremonial peduli Thalassaemia yang digelar di tengah acara Car Free Day (CFD) yaitu, Deputi Chief Executive Daihatsu Indonesia, Supranoto, Ketua Yayasan Thalassemia Indonesia Rinnie Amaluddin SH. Ketua Perhimpunan Orang tua Penderita Thalassemia (POPTI) Ruswandi dan dua artis terkemuka, Oka Sugawa dan Dhea Hivi serta Dr.Vivid F. Argarini Motivator, Media and Communication Practitioner. Mereka mengkampanyekan kepada msyarakat di CFD untuk ikut program edukasi dan sosialisasi tentang penyakit dan penanggulangannya.

Deputi Chief Executive Daihatsu Indonesia, Supranoto menuturkan, kegiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2011. Kegiatan ini merupakan ajang sharing pengetahuan seputar penyakit Thalassaemia. “Melalui program ini, harapan kami masyarakat semakin peduli akan penyakit Thalassaemia dan mereka dapat berperan aktif memberikan dukungan dan bantuan dalam kegiatan penanganan penderita Thalassaemia di lingkungan terdekat mereka,” ucapnya.
Supranoto menuturkan, tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli terhadap penyakit genetik Thalassaemia dengan memberikan pengetahuan mengenai penyakit ini. “Kami mengajak masyarakat berpartisipasi aktif dalam program screening (test darah deteksi pembawa Thalassaemia dan donor darah,” tambahnya.

Melalui program screening, para peserta akan mengetahui apakah mereka adalah pembawa bakat penyakit Thalassaemia atau tidak sehingga mereka dapat mengambil tindakan antisipatif agar penyakit ini tidak menurun ke keturunannya kelak.
Sementara itu, melalui program Donor Darah, pengujung Jakarta Car Free Day diajak untuk peduli untuk menyumbangkan darah mereka membantu para penderita penyakit Thalassaemia agar memiliki semangat hidup dan dapat beraktivitas normal.
Galang kepedulian Thalassaemia dengan menuliskan harapan dan stempel telapak tangan oleh para pendukung Acara

Thalassaemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.

Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh. Penderita Thalassaemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, oleh karena itu tingkat oksigen dalam tubuh penderita Thalassaemia juga lebih rendah.

“Kami memilih Thalasseamia karena penyakit ini harus segera dibuat pencegahan dan penanganannya. Selain itu, penyakit ini tidak kalah berbahayanya dengan penyakit sepertu Kanker maupun Aids,” kata Supranoto kepada wartawan menjelaskan alasan memilih galang kepedulian untuk Thalassaemia.

Ke depannya, Daihatsu akan terus berkesinambungan untuk terus menggalakkan kepedulian terhadap Thalasseamia.

Penyerahan satu unit Daihatsu Grand Max untuk Yayasan Thalassaemia Indonesia

Tinggalkan Balasan