home Berita Terkini, Tips Fungsi Angka dan Huruf Yang Terdapat Pada Persneling Otomatis

Fungsi Angka dan Huruf Yang Terdapat Pada Persneling Otomatis

Fungsi Angka dan Huruf Yang Terdapat Pada Persneling Otomatis

Jakarta, MobilKomersial.com – Saat ini hampir setiap pabrikan otomotif mengeluarkan kendaraan yang sudah menggunakan transmisi otomatis. Mudahnya penggunaan transmisi ini banyak disukai oleh masyarakat. Cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke “D”, mobil sudah berjalan dan dapat berganti gigi secara otomatis.

Perpindahan gigi pada transmisi otomatis sudah di atur oleh ECU pada kendaraan. ECU yang akan memperhitungan kapan mobil akan pindah gigi sesuai dengan kecepatan.

Pada mobil bertransmisi otomatis, maka akan ada tuas dengan berbagai posisi seperti P, D, 3, 2, D1, L, R. Lalu yang menjadi pertanyaan, untuk apakah kode maupun angka yang berada di tuas tersebut?

mobil-matic

 

Tuas yang berada di posisi D bisa untuk gigi 1, 2, 3, 4 dan 5 secara otomatis. Posisi D mengatur gigi yang sesuai dengan kecepatan kendaraan dan dapat pindah sendiri. Apabila tuas berada di posisi 3, itu berarti mobil hanya untuk gigi 1, 2, dan 3 saja, tidak dapat ke posisi yang lebih tinggi. Sementara itu untuk posisi 2, hanya bisa di gigi 1 dan 2 saja. Mobil lain ada yang sampai L, Nah L hanya bisa gigi 1 saja.

Saat di tanjakan landai, saat posisi tuas D terasa sudah mulai tidak bertenaga, Alangkah baiknya ganti gigi ke tuas yang lebih rendah, seperti ke 3 agar mobil dapat memiliki kembali tenaganya dan RPM dapat segera naik.

“P” untuk parkir sedangkan “R” untuk kendaraan yang ingin mundur.


Baca Juga : Solusi Otomotif : Mengatasi Motor Yang Lama Tak Dipakai

Tinggalkan Balasan