home Berita Terkini, Tips Cara Cepat Mengatasi Mesin Overheat pada Sepeda Motor

Cara Cepat Mengatasi Mesin Overheat pada Sepeda Motor

Cara Cepat Mengatasi Mesin Overheat pada Sepeda Motor

Jakarta, MobilKomersial.com – Mesin sepeda motor anda seringkali cepat panas, atau bahkan tercium bau tak sedap dan mengeluarkan asap. Apakah mesin anda juga berpotensi kehilangan tenaga mesin? Tanda-tanda ini menunjukan sepeda motor anda mengalami overheat.

Jika tanda-tanda tadi sudah dialami oleh sepeda motor anda, anda harus mewaspadai overheating pada sepeda motor kesayangan anda. Bila mesin sudah overheat, potensi terbesar ialah mesin mengalami kerusakan yang mengharuskan motor turun mesin, atau diganti dengan mesin baru.

Namun, anda jangan terburu panik, mesin yang overheat masih dapat anda atasi sendiri. Berikut tips mengatasi mesin motor yang mengalami overheat.

Yang pasti anda diharuskan mengganti oli mesin secara teratur. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, dan oli juga dapat mendinginkan komponen yang ada di dalam mesin motor saat bergesekan, seperti piston yang bergesekan dengan dinding blok seher.

Selanjutnya jangan lupa membersihkan sirip yang ada pada blok seher. Sirip tersebut dapat membantu pendinginan pada mesin. Dengan kondisi seher yang terlalu rapat, juga tidak bisa bergerak secara leluasa dan mudah macet yang menyebabkan panas.

Baca Juga : Motorbike Gloss Multitech, Motor Mengkilap Tanpa Merusak Cat

Selain itu anda sangat dianjurkan untuk menggunakan busi bertipe dingin, seperti busi racing. Busi ini memiliki tipe busi yang dingin.

Akan tetapi, seberapa hebatnya cara itu jika tidak dibarengi dengan perawatan berkala, maka sepeda motor anda juga akan tetap mengalami masalah. Jika dirasa sudah ada yang tak nyaman, segeralah bawa motor kesayangan anda ke bengkel langganan atau bengkel terdekat.

Tinggalkan Balasan