home Berita Terkini, Bus & Truk, Transportasi Bus Transjabodetabek Premium Wajib Gunakan Lajur 1 di Jalan Tol Jagorawi

Bus Transjabodetabek Premium Wajib Gunakan Lajur 1 di Jalan Tol Jagorawi

Bus Transjabodetabek Premium Wajib Gunakan Lajur 1 di Jalan Tol Jagorawi.

MobilKomersial.com – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) resmi melakukan ujicoba bus Transjabodetabek Premium dengan mengambil rute dari Botani Square menuju Plaza Senayan di Jakarta. Ujicoba ini dilakukan selama 11 hari mulai 31 Oktober 2017 sampai 10 November 2017 menggunakan bus berukuran besar. Semua armada bus di layanan ini akan melintasi jalan tol Jagorawi.

Lajur 1, lajur paling kiri bersebelahan dengan bahu jalan

Agar lebih cepat sampai ke Jakarta dan sebaliknya, selama berada di jalan tol Jagorawi, bus akan menggunakan lajur 1, yakni lajur paling kiri bersebelahan dengan bahu jalan di ruas tol Jagorawi. Harapannya, waktu tempuh perjalanan dari Botani Square ke Plaza Senayan dan sebaliknya bisa diperpendek dari biasanya 3 jam atau lebih menjadi hanya 2 jam saja.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, untuk penggunaan lajur 1 di jalan tol Jabodetabek, pihaknya akan memasang tanda khusus untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan tol bahwa lajur tersebut diprioritaskan untuk angkutan umum. Untuk keperluan ini pihaknya berkoordinasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pengelola jalan tol Jagorawi.

“Jadi lajur yang akan kita gunakan adalah lajur satu yang berada di sebelah bahu jalan,” kata Bambang, Rabu (1/11/2017).

Bambang menjelaskan, lajur 1 ini tidak eksklusif untuk armada bus Transjabodetabek, tapi bisa digunakan untuk angkutan umum lain seperti bus antarkota yang melayani rute dari dan ke Jakarta menuju Bogor dan sekitarnya.

Internet Gratis

Langkah ini diupayakan bisa menjadi insentif bagi para komuter Jakarta-Bogor yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi agar beralih ke moda transportasi massal berbasis jalan raya seperti Transjabodetabek Premium. Untuk mendapatkan layanan ini, penumpang dikenakan tiket Rp 35.000 per orang dan sudah mendapatkan layanan bus ber-AC, dengan bangku berkonfigurasi 2-2 di baris kiri dan kanan, kursi reclining seat yang bisa direbahkan serta akses ke internet gratis alias wi-fi.

 

Penulis : Ariffandi

One thought on “Bus Transjabodetabek Premium Wajib Gunakan Lajur 1 di Jalan Tol Jagorawi

Tinggalkan Balasan