home Berita Terkini, Bus, Transportasi Bus Damri Diremajakan Setiap 4 Tahun

Bus Damri Diremajakan Setiap 4 Tahun

MobilKomersial.com – Bus Damri tetap menjadi pilihan transportasi menuju bandara bagi setiap pelanggannya. Oleh karena itu Perum Damri kembali melakukan program peremajaan sejumlah armadanya. Kali ini giliran armada bus pemandu antar moda di bandara internasional Soekarno Hatta. Perseroan mengganti bus berusia lebih dari 4 tahun menjadi bus baru dengan fasilitas lebih lengkap.

“Di Bandara Soekarno Hatta tidak boleh armadanya lebih dari 4 tahun, jadi ini dilakukan untuk menggantikan armada yang lama,” kata Agus Suherman Subrata, Direktur Utama Perum Damri, Senin (13/7). Menurutnya armada yang sudah berusia lebih dari 4 tahun akan dialihkan untuk kegiatan operasinya di cabang lain yang memerlukan. Dengan adanya bus baru ini, otomatis bus yang dioperasikan sebagian besar merupakan armada baru. Saat ini tiap harinya, Damri mengoperasikan sebanyak 20 bus khusus untuk melayani penumpang dari dan ke bandara Soekarno Hatta.

BACA JUGA : Bus Damri Tetap Menjadi Pilihan Pengguna Layanan Transportasi

Untuk meremajakan armadanya, Damri telah merogoh kantong mencapai Rp 34 miliar. Setiap busnya dibeli dengan harga sekitar Rp 1,7 miliar. Berbeda dari yang sebelumnya, bus baru ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap seperti lebih tahan terhadap goncangan, menggunakan toilet, menggunakan CCTV, GPS dan bisa juga digunakan untuk karaoke.“Walaupun lebih bagus tapi kami tidak akan menaikkan tarif,” imbuhnya.

Selain mengganti armada baru, bersama PT Angkasa Pura II, perseroan juga tengah menyiapkan beberapa counter untuk memberikan penjelasan perihal waktu keberangkatan bus.
Rencananya counter informasi ini akan mulai dioperasikan setelah periode lebaran nanti. Budi Karya, Direktur PT Angkasa Pura II mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sejumlah lokasi di terminal 1 dan 2 yang akan digunakan sebagai counter Damri.“Paling utama di terminal 1 dan terminal 2 karena konsumen mungkin lebih banyak, jadi kami beri di terminal A, B, C, E, F,” paparnya.

Rencananya setelah Bandara Soekarno Hatta, Damri juga akan melakukan peremajaan armada di bandara internasional Juanda, Surabaya. Kata Agus, pihaknya sudah menyiapkan 20 bus berukuran medium untuk menggantikan armada yang sudah agak lama. Menurutnya penggantian itu hanya tinggal menunggu selesainya pengurusan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) saja.

Tinggalkan Balasan