home Berita Terkini, Teknologi Bosch Tawarkan Powertrain “rintisan” untuk mobil listrik

Bosch Tawarkan Powertrain “rintisan” untuk mobil listrik

MobilKomersial.com –  Bosch Tawarkan Powertrain “rintisan” untuk mobil listrik. Aki yang lebih bertenaga akan meningkatkan jangkauan mobil listrik. Tetapi, bisakah sebuah powertrain baru memiliki dampak sebanding? Pada kasus penggerak as roda elektrik Bosch, atau e-axle, jawabannya pasti “ya”. Yang istimewa dari teknologi ini, Bosch telah menggabungkan tiga komponen powertrain ke dalam satu unit. Mesin, power electronics (pengonversi dan pengontrol daya listrik), dan transmisi membentuk satu unit kompak yang langsung menggerakkan as roda mobil.

Powertrain lebih efisien

Konsep ini membuat powertrain menjadi lebih efisien, serta lebih terjangkau. “Dengan as roda elektriknya, Bosch menerapkan prinsip all-in- one pada powertrain,”   ujar Dr. Rolf Bulander, anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH sekaligus ketua sektor bisnis Mobility Solutions. Karena alasan inilah powertrain baru ini menjadi peluang bisnis potensial bagi Bosch. Komponen-komponennya sangat fleksibel, yang berarti e-axle dapat dipasang pada mobil hibrida dan listrik, mobil kompak, SUV, dan bahkan truk ringan – sungguh pasar yang sangat besar.

“Dari segi ekonomi, as roda elektrik bisa menjadi sebuah terobosan besar bagi Bosch,” kata Bulander. Powertrain listrik baru ini memainkan peranan kunci dalam ambisi perusahaan menjadi pemimpin pasar massal global untuk elektromobilitas mulai 2020 mendatang.

Bosch mengkustomisasi powertrain sesuai dengan kebutuhan setiap pembuat mobil sehingga pelanggan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengembangkan komponen baru. Sampel produksi as roda elektrik telah diuji coba bersama mitra. Produksi massal direncanakan dimulai pada 2019.

Yang perlu dilakukan produsen mobil hanyalah menyebutkan kinerja, torsi, serta pemasangan seperti apa yang mereka butuhkan, dan Bosch kemudian mengoptimalkan sisa powertrain agar sesuai dengan parameter-parameter tersebut. Dengan cara ini, powertrain yang komplet dan telah terkustomisasi dapat dikirim langsung ke jalur perakitan para produsen mobil. Ini adalah alasan lebih lanjut mengapa as roda elektrik Bosch menjadi langkah logis selanjutnya untuk teknik powertrain.

Dengan kata lain, powertrain listrik bisa berakselerasi lebih baik dan mempertahankan kecepatan tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama. Untuk mencapai itu, Bosch tidak hanya mendesain ulang sistem secara keseluruhan, namun juga memperbaiki komponen mesin dan power electronics.

Bosch Tawarkan Powertrain “rintisan” untuk mobil listrik
Bosch Tawarkan Powertrain “rintisan” untuk mobil listrik

 

 

Bagaimana Cara Kerja Mobil Bertenaga Udara?

Tinggalkan Balasan