home Berita Terkini, Tips Berapa Sih, Biaya Perpanjang dan Pengajuan SIM?

Berapa Sih, Biaya Perpanjang dan Pengajuan SIM?

Berapa Sih, Biaya Perpanjang dan Pengajuan SIM?

Jakarta, MobilKomersial.com – Kebanyakan pengendara di Indonesia tidak mengetahui secara pasti berapa besaran biaya pembuatan atau pembaharuan Surat Izin Mengemudi (SIM). Mereka sering menduga-duga dan khawatir akan biaya pembaharuan SIM yang mahal. Padahal, sebenarnya sudah ada aturan mengenai biaya pembaharuan hingga permintaan pembuatan SIM yang baru ini.

Saat ini tarif untuk membuat SIM berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 120.000 sementara biaya perpanjangan SIM berkisar antara Rp. 30.000 hingga Rp. 80.000 dengan rincian sebagai berikut.

SIM Golongan A baru dengan tarif Rp. 120.000 dan untuk perpanjangan Rp. 80.000. SIM golongan B II Baru Rp. 120.000 dan untuk perpanjangan Rp. 80.000. SIM golongan C baru Rp. 100.000 dan untuk perpanjangan Rp. 75.000. SIM golongan D baru Rp. 50.000 dan perpanjangan Rp. 30.000.

Akan tetapi, selain biaya perpanjangan atau pembuatan SIM baru ini akan ada biaya tambahan untuk asuransi. Sifatnya berupa optional dan pengaju SIM baru maupun perpanjangan bisa memilih untuk membayar asuransi ini. Selain biaya asuransi, Anda juga mungkin akan dikenakan biaya pengecekan kesehatan untuk surat kelengkapan permintaan SIM baru maupun perpanjangan. Tes kesehatan ini bisa Anda lakukan di samsat Anda mengajukan SIM atau bisa juga dilakukan di dokter umum lainnya. Anda tak perlu khawatir akan penolakan hasil tes kesehatan.

Kalau sudah tahu aturannya, segera lakukan pembaharuan ataupun pengajuan SIM ya MobKomers. Ingat, jangan berkendara tanpa adanya SIM.

Tinggalkan Balasan