home Berita Terkini, Tips Agar Performa Kendaraan Tetap Maksimal

Agar Performa Kendaraan Tetap Maksimal

Jakarta, MobilKomersial.com – Berkendara yang nyaman tentunya menjadi idaman bagi semua orang. Meski begitu hal tersebut hanya bisa didapatkan bila kendaraan kita berada dalam performa terbaik. Mobil pun dapat menjadi teman perjalanan yang menyenangkan dan tidak menimbulkan berbagai macam kejadian yang membahayakan. Berikut adalah tips menjaga performa terbaik mobil yang dikutip dari fueleconomy.

Servis mobil yang benar

Performa terbaik mobil memiliki korelasi dengan servis yang dilakukan. Jika service mobil tidak selaras atau gagal, misalnya dalam uji emisi, itu berarti meningkatkan milage rata-rata sebesar 4 persen. Meskipun hasilnya bervariasi, hal itu akan sangat berpengaruh pada performa kendaraan.

sopir-truk-cewek

 

Pemeliharaan serius yang baik dapat memiliki dampak yang luas. Seperti memperbaiki sensor oksigen yang rusak, dapat berakibat luas seperti meningkatkan jarak tempuh sebesar 40 persen.

Tekanan ban yang pas

Tekanan udara ban yang melebihi kapasitas dapat meningkatkan mileage gas hingga 3,3 persen. Untuk itu tekanan ban perlu dipertahankan agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Tekanan yang tepat dapat menurunkan mileage gas sebesar 0,3 persen untuk 1 psi tekanan. Hal ini juga dapat meningkatkan keamanan dalam memacu kendaraan dan tentunya ban akan bertahan lebih lama.

Ukuran tekanan ban yang tepat untuk kendaraan biasanya ditemukan pada stiker di pintu samping pengemudi atau kotak sarung tangan. Instruksi manual mobil juga biasanya mencantumkan ukuran yang tepat. Jangan gunakan tekanan maksimum yang dicetak pada dinding samping ban.

Oli yang sesuai standar pabrik

Penggunaan oli yang tepat, khususnya dengan label konservasi energi, akan dapat meningkatkan milage gas hingga 1-2 persen. Sebagai contoh, menggunakan oli 10W-30 di mesin yang dirancang untuk menggunakan 5W-30 dapat menurunkan milage gas sebesar 1% -2%. Menggunakan 5W-30 dalam sebuah mesin yang dirancang untuk 5W-20 dapat menurunkan milage gas sebesar 1% -1,5%.

Selain itu, mencari oli yang memenuhi standar konservasi energi dengan simbol API dapat membuat perasaan lebih aman. Pasalnya, label tersebut memastikan tidak adanya gesekan aditif antar komponen. Hal tersebut juga membuat mobil mulus mengaspal dengan performa terbaik namun juga tetap hemat.SHELL Lubricants Kampanyekan CLEANnproud untuk Perawatan Kendaraan

Perhatikan kondisi saringan udara

Mengganti saringan udara pada kendaraan dengan bahan bakar injeksi, yang mesinnya dikendalikan oleh komputer, dapat meningkatkan penghematan bahan bakar, sekaligus meningkatkan akselerasi. Sementara untuk mesin yang menggunakan sistem injeksi atau mesin diesel,yang masih memakai saringan udara, wajib dilakukan untuk menjaga performa kendaraan.

Karena saringan udara sangat berpengaruh, lebih baik sering memperhatikan kondisinya jika kinerja mesin terlihat mulai menurun. Penggantian juga diperlukan dalam rentang waktu yang terjadwal.

Motorbike Gloss Multitech, Motor Mengkilap Tanpa Merusak Cat

Tinggalkan Balasan