home Berita Terkini, Tips Yuk, Kenali Penyebab Utama Kerusakan Kompresor AC Mobil

Yuk, Kenali Penyebab Utama Kerusakan Kompresor AC Mobil

Yuk, Kenali Penyebab Utama Kerusakan Kompresor AC Mobil

Jakarta, MobilKomersial.com – Tahu kah Anda usia rata-rata komponen kompresor pada AC mobil adalah sekitar lima hingga sepuluh tahun. Akan tetapi, ada masanya dimana usia pakai kompresor bisa lebih singkat. Mari kita kenali penyebabnya.

Selain masa pakai atau usia komponen, ada beberapa penyebab yang akan membuat kompresor AC cepat rusak. Salah satu contohnya adalah pemasangan kipas yang terlalu kencang serta menumpuknya kotoran pada blower yang membuat kerja evaporator dan kompresor menjadi berat.

Selain itu, kerusakan bisa saja terjadi karena pengemudi yang sering lalai untuk memperhatikan cara kerja AC mobil yang dikendarai. Banyak ditemui kasus dimana pengguna mobil yang mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC. Sehingga saat kunci mobil baru di posisi ‘on’, angin AC telah berhembus.

Baca Juga Mau Kaca Mobil Bebas Jamur? Lakukan Perawatan Ini!

Meskipun hal semacam ini terlihat sangat simpel, tapi kebiasaan seperti ini turut mempercepat usia kompresor. Disamping itu, faktor yang paling cepat membuat rusak piranti yang berfungsi memberikan tekanan pada zat pendingin agar bersikulasi pada sistem AC ini adalah adanya kebocoran pada selang freon.

Biasanya pengguna baru paham jika selangnya bocor saat mobil bolak-balik minta diisi Freon karena kabinnya kurang dingin. Nah, bila Anda sudah paham soal penyebab kerusakan kompresor ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ya.

Tinggalkan Balasan