home Berita Terkini, Bus & Truk, Mancanegara, Truk Turunkan Emisi Karbon di Sektor Transportasi, Volkswagen Siap Bikin Truk dan Bus Listrik

Turunkan Emisi Karbon di Sektor Transportasi, Volkswagen Siap Bikin Truk dan Bus Listrik

MobilKomersial.com –  Turunkan Emisi Karbon di Sektor Transportasi, Volkswagen Siap Bikin Truk dan Bus Listrik. Demi membantu menekan emisi gas karbon yang mencemari udara akibat operasional kendaraan di sektor transportasi, Volkswagen Truck & Bus akan memproduksi truk dan bus bertenaga listrik dan kendaraan otonom.

Truk dan bus listrik ini tidak akan diproduksi sendiri oleh Volkswagen sebagai perusahaan induk, tapi juga akan melibatkan sejumlah merek otomotif yang menjadi anak usahanya seperti MAN dan Scania, terutama untuk memproduksi bus listriknya.

Informasi resmi Volkswagen Truck & Bus menyebutkan, truk dan bus listrik ini akan diproduksi massal mulai tahun 2022 mendatang. Untuk tahap awal, Volkswagen Truck & Bus akan merakit truk listrik berjenis truk ringan, Volkswagen e-Delivery mulai akhir tahun 2017 ini. Volkswagen e-Delivery merupakan truk kargo yang dirancang sebagai kendaraan pngiriman barang, terutama untuk kawasan perkotaan. Truk e-Delivery akan dirakit di pabrik VW di Brasil dan versi produksi massalnya baru akan direalisasikan tahun 2022.

Untuk bus listrik, produksinya akan dilakukan oleh MAN dan Scania yang selama ini dikenal sebagai spesialis produksi truk dan bus di dunia. Produksi massal bus listrik juga akan dilakukan mulai 2022.

Volkswagen telah mengalokasin investasi sebanyak 1,4 miliar euro atau setara dengan 1,7 miliar dolar AS untuk pengembangan truk dan bus listrik serta kendaraan otonom ini. Anggan tersebut sudah mencakup untuk membiayai riset dan teknoogi electric powertrain, sotware berbasis cloud dan sistem otonom pada kendaraan yang mereka akan buat.

I.D. Buzz Cargo

Volkswagen Truck & Bus juga tengah meriset van kompak bernama I.D. Buzz Cargo yang akan dihadirkan ke pasar secara resmi pada tahun 2022. Model dan rancangan desain I.D. Buzz Cargo mengadopsi van VW Bulli yang selama ini sangat populer di dunia.

“Volkswagen Truck & Bus siap menjadi yang nomor satu dalam penyediaan kendaraan dengan sumber energi alternatif,” kata CEO Volkswagen Truck & Bus, Andreas Renschler dalam keterangan persnya.Turunkan Emisi Karbon di Sektor Transportasi, Volkswagen Siap Bikin Truk dan Bus Listrik

 

Penulis; Ariefandi

Tinggalkan Balasan