home Berita Terkini, Transportasi Tilang Truk Overtonase Diberlakukan Mulai 1 November

Tilang Truk Overtonase Diberlakukan Mulai 1 November

Tilang Truk Overtonase Diberlakukan Mulai 1 November

MobilKomersial.com –  Mulai 1 November 2017, Kementerian Perhubungan akan melakukan tindakan tilang terhadap truk angkutan barang yang mengangkut muatan berlebih (overtonase) di jalan raya. Tilang itu dilakukan demi memberikan efek jera kepada pengemudi dan pengusaha angkutan sekaligus mencegah kerusakan jalan nasional lebih cepat. Penindakan tilang akan dilakukan di sejumlah jembatan timbang di berbagai ruas jalan nasional yang dikelola Pemerintah Pusat.

Plt. Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan, persiapan administratif untuk pelaksanaan tilang tersebut sudah dilakukan. Blanko surat tilang juga sudah dikirimkan Kementerian Perhubungan ke semua petugas jembatan timbang di daerah. “Penindakan akan mulai kita berlakukan 1 November 2017,” kata Pandu Yulianto.

Penindakan Terhadap Truk Overtonase

Langkah pengenaan tilang ini sebenarnya menjadi solusi alternatif setelah upaya penindakan terhadap truk-truk overtonse dengan menurunkan kelebihan muatan di gudang jembatan timbang tidak efektif dan memicu antrean dan kemacetan. Apalagi dukungan fasilitas di jembatan timbang juga sangat terbatas serta barang-barang tersebut berisiko rusak atau hilang.

Truk-truk angkutan barang yang overtonase didapati hampir setiap hari di berbagai jembatan timbang di sejumlah ruas jalan nasional yang dikelola Kemenhub. Berdasar temuan data di jembatan timbang di Pantura Jawa Timur di Lamongan, dari 7.445 truk yang ditimbang, sebanyak 59 persen diantaranya melanggar batas muatan maksimum.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman menyatakan mendukung upaya penindakan dengan tilang tersebut. Tapi sebaiknya upaya itu juga didahului dengan sosialisasi ke pengusaha angkutan dan pemilik muatan. Kyatmaja mengatakan, selama ini pengusaha angkutan dalam membawa muatan kiriman, volume dan banyak barang yang dibawa bergantung pada permintaan pemilik barang.
Pengusaha angkutan menurutnya dihadapkan dalam kondisi serba salah terkait overtonase ini. Karena, ketika ada pengusaha angkutan yang menolak membawa muatan berlebih dari pemilik barang, pemilik barang akan memilih pengusaha angkutan lain yang bersedia membawa muatan berlebih.

Tilang Truk Overtonase Diberlakukan Mulai 1 November
Tilang Truk Overtonase Diberlakukan Mulai 1 November

Penulis : Ariffandi

Tinggalkan Balasan