home Berita Terkini, Sports Team Mopar Badak Berhasil Jinakkan Jalur Ekstrim IOX 2017

Team Mopar Badak Berhasil Jinakkan Jalur Ekstrim IOX 2017

MobilKomersial.com –  Team Mopar Badak Berhasil Jinakkan Jalur Ekstrim IOX 2017. Team Mopar Badak telah kembali bergerak melanjutkan perjalanan petualangan keras pada kejuaraan Indonesia Off-road Expedition (IOX) 2017 – Celebes. Perjalanan dilanjutkan usai seluruh peserta IOX 2017 mendapat waktu istirahat pertama di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

IOX 2017 Celebes sendiri telah berlangsung sejak 7 Oktober lalu. Hingga berita ini diturunkan, Senin (16/10), seluruh tim peserta sedang bergerak menuju basecamp 10 yang berlokasi di sebuah tempat di kawasan Kabupaten Enrekang.

Di Dukung Garansindo

Tim Mopar Badak yang didukung penuh Garansindo, perusahaan distributor resmi Jeep dan Chrysler di Indonesia, mengaku tidak menemui hambatan berarti selama tujuh hari pertama IOX 2017 yang dimulai dari Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berhasil Lewati Tantangan

“Bersyukur seluruh Team Mopar Badak bisa menghadapi tantangan hingga Tana Toraja. Bila kami
berhasil menghadapi tantangan tanpa masalah teknis besar, itu bukan berarti medan untuk IOX 2017 ringan,” kata Zulkarnain Daniel yang memimpin Team Mopar Badak dengan kekuatan enam unit Jeep model JK-Wrangler.

“Buktinya, ketika kami sudah tiba di basecamp 6 di Tana Toraja, masih banyak tim lain yang tertahan di dalam hutan. Kami sehari lebih cepat di depan mereka,” lanjut Zoel.
Ditambahkannya, lintasan off-road di kawasan pedalaman hutan Sulawesi tidak bisa dipandang sebelah mata. Kondisi lintasan di hutan hujan tropis bisa dibilang kejam untuk mobil-mobil penggerak empat roda sekalipun.

“Kondisi lintasan dan variasi tanjakan batu mewarnai perjalanan kami dalam lima hari pertama di dalam hutan. Melintasi sungai, menghadapi tanah gembur, dan lintasan yang sudah tidak telihat karena hampir 30 tahun tidak dilalui kendaraan cukup berat,ujarnya.

Rute Terberat

Diakui Zoel, medan terberat dalam lima hari terakhir IOX 2017 diberikan pada rute antara Morowali dan Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Pada rute tersebut para peserta disuguhkan medan hutan serta harus mampu naik ke perbukitan dengan ketinggian mencapai 840 meter dari permukaan laut.

“Beruntung enam unit JK-Wrangler yang digunakan Team Mopar Badak tidak mengalami masalah,” ungkap Zoel. “Kami bahkan bisa lebih cepat dari seluruh peserta.”

JK-Wrangler, sebuah model Jeep berpenggerak empat roda, memang telah didesain untuk menghadapi medan-medan jalan berat. Namun untuk keperluan off-road ekstrim seperti IOX 2017 seluruh unit  kendaraan Team Mopar Badak telah dimodifikasi. Hal itu bertujuan karena beberapa faktor, terutama agar mampu menghadapi medan sambil membawa barang keperluan bertahan hidup di alam terbuka yang cukup berat.

“JK adalah kendaraan tangguh di segala medan, selain memang didesain sebagai basis kendaraan militer di beberapa negara. Untuk medan off-road di Indonesia, JK juga bisa berbicara,” kata Zoel.

Team Mopar Badak dan seluruh tim yang mengikuti kegiatan IOX 2017 masih harus menjalani tantangan berat selama lima hari ke depan sebelum finish di Makassar pada hari ke-15 atau Sabtu, 15 Oktober 2017. Meski begitu, Team Mopar Badak masih optimis dapat melalui seluruh rintangan, termasuk bila nanti harus menghadapi jalur hutan di kawasan Pare Pare, Sopeng, Barru, Bone, Maros, dan Gowa.Team Mopar Badak Berhasil Jinakkan Jalur Ekstrim IOX 2017 Team Mopar Badak Berhasil Jinakkan Jalur Ekstrim IOX 2017

Tinggalkan Balasan