home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Mancanegara, Teknologi Tahun 2025, 12 Kota Besar Ini Baru Mulai Membeli Bus Listrik

Tahun 2025, 12 Kota Besar Ini Baru Mulai Membeli Bus Listrik

Tahun 2025, 12 Kota Besar Ini Baru Mulai Membeli Bus Listrik

Jakarta, MobilKomersial.com – Sebagai resolusi menciptakan zona emisi nol di dunia sekaligus menindaklanjuti ‘Perjanjian Deklarasi Bus Bersih C40’, 12 kota besar di dunia membuat kesepakatan bersama untuk membeli bus listrik hanya mulai tahun 2025. Inisiatif itu dicanangkan Sejak tahun 2015 silam oleh sebuah koalisi internasional kota-kota dalam naungan C40 yang dibentuk untuk mengurangi emisi berbahaya dan memerangi perubahan iklim.

Kedua belas kota itu diwakili oleh Wali Kota London, Paris, Los Angeles, Barcelona, Kopenhagen, Quito, Vancouver, Cape Town, Mexico City, Seattle, Milan, dan Auckland. Para pemimpin kota tersebut akan berkolaborasi bersama penyedia layanan transportasi umum untuk mengkampanyekan nol emisi serta mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Nantinya, setiap dua tahun sekali akan ada laporan perkembangan kota-kota tersebut.

Hal tersebut juga merupakan berita bagus bagi pembuat bus listrik seperti Proterra, yang telah memfokuskan sebagai pemimpin kendaraan ramah lingkungan. Mereka baru-baru ini mengklaim salah satu kendaraannya mampu melaju lebih dari 1.000 mil dengan satu kali pengisian bahan bakar listrik.

Sementara Volkswagen Group divisi truk dan bus baru-baru ini juga telah mengumumkan rencana untuk bus listrik terbaru dari merek MAN dan Scania. Rencananya VW akan meluncurkan dan memasarkan bus tersebut di Eropa pada tahun depan.


Perusahaan Operator Kereta Api Operasikan Bus Autonom Pertama di Jerman

Bus tanpa sopir alias autonom resmi beroperasi di Bad Birnach, Jerman Rabu (25/10). Perusahaan operator kereta api Jerman Deutsche Bahn yang mewujudkannya. Bus Ini menjadi yang pertama kalinya dioperasikan di Jerman sebagai transportasi umum.

Bus berukuran kecil ini diberi nama EZ10. Bus yang menempuh rute selama delapan menit, dari wisata air panas menuju pusat kota dan stasiun kereta, memiliki enam tempat duduk dan mampu menampung enam orang untuk berdiri.

Tinggalkan Balasan