home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk Ini Dia Sosok Bus Premium High Deck Milik PO Putra Jaya Sulawesi

Ini Dia Sosok Bus Premium High Deck Milik PO Putra Jaya Sulawesi

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Makassar, MobilKomersial.com – Tahun 2017 ini boleh dibilang sebagai tahunnya bus high decker bagi para pengusaha transportasi bus, baik bus antarkota maupun pengelola bisnis jasa bus pariwisata dan charter.

Terbukti, satu per satu perusahaan otobus (PO) yang sebelumnya sama-sekali tidak pernah menggunakan bus super high deck (SHD), kini pelan-pelan mulai memperkuat jajaran armadanya dengan memesan bus berbodi SHD.

Bus-bus beratap tinggi, bukan hanya milik pengusaha di Pulau Jawa saja, kini satu diantara pemain dimaksud adalah Perusahaan Otobus Putra Jaya yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan. Perusahaaan otobus yang memiliki jaringan trayek bus antarkota antarprovinsi (AKAP) ini, memperkenalkan dua unit bus kategori S-Liner yang dibuat oleh Karoseri asal Bogor, Rahayu Santosa. Sebelumnya Putra Jaya sudah bekerja sama dengan Rahayu Santosa membuat dua model S-Liner lain.

“Kami ingin menghadirkan bus dengan inovasi untuk pelanggan setia PO. Putra Jaya. Kelasnya pun kami buat ekslusif sehingga pelanggan nyaman selama perjalanan,” ucap Vicky Ho dalam keterangan resminya.

bus putra jaya2

Kedua bus yang berbasis Scania K410IB/6×2*4 Opticruise dengan GVW di atas 20 ton ini diklaim sebagai model maxi high deck 3-axle pertama yang beroperasi di Sulawesi. Dan rencananya bus ini akan digunakan pada rute pegangan Putra Jaya, Makassar – Palopo.

bus putra jaya1Melirik ke dalam kabin, penumpang bakal dimanjakan dengan pemandangan dari tempat duduk yang berada di posisi tinggi dengan konfigurasi bangku 2+2. Spesialnya, bus yang terlihat gagah dan jangkung ini menyematkan kursi VIP dengan konfigurasi 2+1 yang jadi tempat paling eksklusif.

Sementara dilihat dari tenaganya, bus ini memiliki tenaga 410 tk yang disemburkan mesin 6-silinder segaris, 13 L, DC13 107 K01. Sisi keamanan berkendara juga dioptimalkan fitur Downhill Speed Control, Hill Hold, Retarder, Anti-lock Braking System, Electronic Braking System dan Automatic Slack Adjuster.

Tinggalkan Balasan