home Berita Terkini, Tips Salah Satu Faktor Inilah Yang Menyebabkan Orang Jadi Emosi Di Jalan Raya

Salah Satu Faktor Inilah Yang Menyebabkan Orang Jadi Emosi Di Jalan Raya

MobilKomersial.com –  Salah Satu Faktor Inilah Yang Menyebabkan Orang Jadi Emosi Di Jalan Raya. Suara bising klakson jadi salah satu sumber emosi negatif di jalan. Menurut Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan penggunaan klaskson pada mobil seharusnya dikurangi sebab bisa memicu prilaku agresif.

“Klakson juga pemicu road rage. Klakson itu kan alat komunikasi kita dengan pengguna jalan lain. Komunikasinya bisa agresif atau informasi biasa,” ujar Marcell.

Klakson adalah salah satu perlengkapan teknis yang wajib ada di semua kendaraan bermotor, serta tingkat kebisingannya diatur sesuai kaedah laik jalan dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Meski begitu, kata Marcell, klakson harus digunakan dengan bijak. Misalnya, bunyi klakson lebih dari tiga kali dengan interval dekat bisa membuat orang lain emosi, beda bila bunyi hanya dua kali dengan cepat yang cenderung terasa seperti teguran ramah.

Klakson

Suara klakson dinilai lebih efektif sebab diterima indera pendengaran, tapi potensi menimbulkan road rage lebih besar. Di Indonesia, klakson memang digunakan untuk banyak aktivitas. Bahkan Marcell bilang klakson kerap digunakan pengemudi untuk mengucapkan terima kasih atau meminta jalan.

“Alat komunikasi ini memang harus dipakai cuma jangan terlalu sering. Untuk sepeda motor okelah pakai klakson, tapi kalau buat mobil kurang efektif. Sebab di mobil modern kesenyapan kabin sudah mengurangi pendengaran dari luar. Informasi mobil dengan mobil sebaiknya menggunakan lampu jauh (dim),” jelas Marcell.

Acuan menggunakan klakson, tambah Marcell, memang belum dijelaskan secara resmi. Peraturan yang ada tentang klakson hanya tidak boleh digunakan di berbagai tempat seperti rumah sakit dan tempat ibadah.

“Dalam defensive driving kita jangan jadi pemicu emosi orang lain. Klakson bisa membuat emosi yang akhirnya bisa berdampak buruk terhadap. Intinya kita wajib taat peraturan, jadi tidak menyebalkan buat orang lain,” ungkap Marcell.

Salah Satu Faktor Inilah Yang Menyebabkan Orang Jadi Emosi Di Jalan Raya
Salah Satu Faktor Inilah Yang Menyebabkan Orang Jadi Emosi Di Jalan Raya

Tinggalkan Balasan