home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Modifikasi PO Asal Medan Ini Merubah Busnya Menjadi Sasis Delapan Roda

PO Asal Medan Ini Merubah Busnya Menjadi Sasis Delapan Roda

PO Asal Medan Ini Merubah Busnya Menjadi Sasis Delapan Roda

Medan, MobilKomersial.com – Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang bermukim di Kota Medan, PO Barumun berhasil mewujudkannya. PO Barumun sukses membuat modifikasi sebuah bus besar dari sasis asli berkonfigurasi 4×2 (enam roda) menjadi 6×2 (delapan roda) dengan menambahkan satu axle di bagian belakang dengan dua ban. Dengan demikian sasis bus ini menjadi triple axle dari semula double axle.

Sekilas setelah dipasangi bodi karoseri oleh Karoseri Cipta Karya, Medan, tampilan bus ini layaknya bus triple asli buatan pabrikan Mercedes-Benz, OC 500 RF 2542 atau bus Scania K410.

Menurut Suhardi Hasibuan, staf PO Barumun, Medan, modifikasi ini digarap oleh tenaga mekanik PO Barumun sendiri. Sasis aslinya adalah Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler.

Dua Bulan Pengerjaan

Tim mekanik yang mengerjakan modifikasi bus ini adalah Bahrensah Ananda Hasibuan, Mora Parulian Nasution dan dibantu dua asisten mekanik dengan lama pengerjaan dua bulan termasuk fase pengetesan kelayakan jalan.

PO Barumun asal Medan
PO Barumun asal Medan merubah Sasis konfigurasi enam roda menjadi delapan roda

Layaknya modifikasi kendaraan penumpang, sejumlah komponen penting seperti kaki-kaki di bus ini mengalami perombakan. Untuk sektor hgardan belakang misalnya. Gardan asli dari sasis OH 1521 Intercooler diganti dengan gardan bus Mercedes-Benz generasi di bawahnya, yakni gardan copotan dari Mercedes-Benz Prima OH 1113. Sementara, blok setirnya diambil dari Mercedes-Benz 917.

Selesai dimodifikasi dan dinyatakan layak jalan, sasis bus ini kemudian dikirim ke Karoseri Cipta Karya di Kota Medan untuk dibuatkan bodinya. Model atau desain bodi bus ini adalah New Euro Star dengan kaca depan ganda untuk mengikuti tren bus besar yang hadir di pasar saat ini.

Menariknya, kaca samping bus ini dibuat model kaca geser layaknya bus ekonomi. Tapi untuk menjaga kenyamanan penumpang selama perjalanan, kursi bus dirancang dengan kofigurasi 2-2. Bus unik bercat merah ini dioperasikan untuk melayani rute regular kelas ekonomi.

Kursi Lipat Ini Nyaris Selalu Ada di Sasis Bus Scania di Indonesia

Tinggalkan Balasan