home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk Pentingkah Dipasang Audio Pada Bus ?

Pentingkah Dipasang Audio Pada Bus ?

Jakarta, MobilKomersial.com Mungkin banyak pengguna bus bertanya-tanya, mengapa kabin bus tidak dilengkapi sistem audio berkualitas? Kondisi tersebut umumnya disikapi pihak PO (perusahaan otobus) lantaran unsur ‘in bus entertainment’ tidak banyak berpengaruh pada kenyamanan penumpang. Pasalnya, tidak semua penumpang menyukai iringan musik selama perjalanannya.

Audio Video Fitur Entertainment

Unsur audio-video itu lebih ke arah ‘individual entertiment’. Karena itu sistem audio yang bagus di dalam bus, merupakan sesuatu hal yang kurang efektif untuk konsumen khususnya untuk perjalanan jauh.

Hal lain adalah, soal rumitnya penataan perangkat tata suara pada bus. Kadang, sebelum menemukan ramuan yang pas, operator bus beberapa kali harus membongkar interior untuk menemukan masalah sistem suara. Instalasi dan kebutuhan kelistrikan harus diperhitungkan dengan benar.

Sebagai ilustrasi, pada bus konvesional, pemasangan bagasi atas, plafon maupun panel dinding di kabin bus yang tak sempurna kerap menimbulkan bunyi-bunyian yang mengganggu. Pada bus karavan atau bus khusus, sekecil apapun bunyi-bunyian tidak bisa ditolerir. Maklum, bus-bus karavan memang menyasar segmen premium.

Pemasangan Audio

Namun begitu, peluang bisnis modifikasi audio di bus cukup menjanjikan. Sebuah workshop modifikasi interior bus di Jakarta Barat mengaku, mampu menerima order baru beberapa bus dalam sebulan. Adapun tipe ukuran bus yang digarap mulai dari bus kecil, medium hingga besar.  Untuk mempromosikan usahanya, sang pemilik workshop mengaku menggunakan jaringan industri karoseri, karena pesanan modifikasi  bus akan datang ke karoseri lebih dulu. Baru setelah itu pihak karoseri menghubunginya.

audio-bus

 

Tinggalkan Balasan