home Berita Terkini, Transportasi, Truk Pengoperasian Jadwal Truk Yang Melintas Tol Cikampek Akan Diberlakukan

Pengoperasian Jadwal Truk Yang Melintas Tol Cikampek Akan Diberlakukan

MobilKomersial.com –  Pengoperasian Jadwal Truk Yang Melintas Tol Cikampek Akan Diberlakukan. Aptrindo Akan Uji Coba Pembatasan Jam Operasional Angkutan Barang di Tol Cikampek. Wakil ketua umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) bidang distribusi dan logistik, Kyatmaja Lookman mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemilik barang melalui Himpunanan Kawasan Industri (HKI). ” Pemilik barang sudah diinfokan melalui HKI, buat kami uji coba truk golongan IV dan V tidak ada masalah,” ujarnya.

Aptrindo juga akan menunggu hasil dari uji coba pembatasan angkutan barang di ruas jalan tol tersebut. Bila hasil uji coba sama saja, maka kesimpulannya penyebab kemacetan di ruas tol tersebut bukan dipicu oleh truk barang.

Menurut Kyatmaja, pembatasan jam operasional untuk truk golongan IV dan V tidak berpengaruh besar untuk sektor ritel dalam negeri. Alasannya, truk golongan tersebut kebanyakan membawa barang ekspor dan impor.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan rencana pengaturan jam operasional tersebut adalah bagian dari upaya membenahi sistem transportasi di jalan tol secara bertahap.

BPTJ ingin agar pola pergerakan barang yang masuk dan keluar Jakarta berubah, menurutnya, pengusaha bisa beralih ke kereta api yang sudah menggunakan jalur rel ganda atau melalui angkutan laut menggunakan kapal roll on roll.

Uji COba Pembatasan

Uji coba pembatasan operasional angkutan barang di ruas jalan tol Cikampek akan dilakukan pada 16-20 Oktober mendatang. Uji Coba dilaksanakan di gerbang tol Kalihurip/Dawuan sampai dengan bekasi Barat pada hari senin hingga Jumat pada pukul 06.00-09.00 wib.

Sementara untuk kecepatan rata-rata di ruas jalan tol Cikampek-Jakarta maksimal 30 km per jam pada pagi hari, bahkan hanya mencapai 20 km perjam.Pengoperasian Jadwal Truk Yang Melintas Tol Cikampek Akan Diberlakukan

 

Tinggalkan Balasan