home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Transportasi Pemkot Denpasar Akan Sediakan 6 Unit Bus Sekolah

Pemkot Denpasar Akan Sediakan 6 Unit Bus Sekolah

Denpasar, MobilKomersial.com – Bertujuan mengurangi kemacetan lalu lintas di perkotaan, Pemerintah Kota Denpasar, Bali akan menyediakan bus sekolah. Langkah ini dilakukan juga untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi saat jam sekolah.

“Sebelumnya akan dilakukan uji kendaraan pada 6-7 Nopember 2017,” kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) Dinas Perhubungan Kota Denpasar, I Ketut Sriawan seperti dikutip Antara, Jumat (27/10).

Menurut Sriawan, mengenai waktu uji coba pengantaran siswa sekolah akan dimulai pada 13 Nopember 2017 dengan menyediakan enam unit kendaraan dioperasikan. Nantinya, bus gratis ini tersebar di Kecamatan Denpasar Timur dan Kecamatan Denpasar Utara.

Dengan kehadiran bus sekolah, Sriawan berharap semua elemen masyarakat mendukung uji coba pengoperasian bus sekolah tersebut. Untuk itu pihaknya meminta para kepala desa (perbekel) dan kelurahan di Kecamatan Denpasar Timur dan Utara untuk menyosialisasikan bus sekolah itu.

Sementara itu, Kepala UPT Pelayanan Transportasi Darat, Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Dewa Ketut Adi Pradnyana mengatakan bus sekolah yang dioperasikan pemerintah kota difasilitasi dengan aplikasi mobile phone “Si_Bused” (sistem informasi Bus Sekolah).

Ia mengatakan aplikasi “Si_Bused” untuk memberikan notifikasi, menampilkan langsung pemantauan (live CCTV) di dalam kendaraan, mengkomunikasikan perubahan jadwal sekolah secara realtime, merekam data identitas penumpang secara akurat, memberikan data petugas yang bertugas, dan memberikan informasi penting lainnya. Selain itu bus sekolah ini dilengkapi Wifi gratis, CCTV, full AC, multimedia, smart card, slot charger serta asuransi penumpang.

Dewa Adi menjelaskan bus sekolah beroperasi dibagi dua shift mulai pukul 05.30 hingga pukul 19.30 Wita. Rute keberangkatan dan titik kumpul terdapat enam rute di pagi hari dan tujuh rute di siang hari. Rute khusus di Kecamatan Denpasar Utara untuk Pagi bus satu mulai dari Jalan Suradipa menuju Jalan Antarasura-Nangka Utara-Nangka Selatan-Patimura-Kamboja-Gadung-Jepun-Angsoka-Melati-Patimura-WR Supratman-Meduri kembali ke Jalan Kenyeri. Untuk tempat siswa naik dan turun (drop zone) bus sekolah ini di Batu Mekaem, Puri Peguyangan, Indomaret Antasura, Hotel Nuansa Indah dan Ex Bank Bank Indonesia.

Sedangkan rute Kecamatan Denpasar Timur pagi bus satu mulai dari Jalan Cekomaria menuju Jalan Padma-Seroja-Gatot Subroto Tengah-Ratna (SD Saraswati 6)-Kenyeri-Turi (SMPN 8)-Subita-WR Supratman-Plawa (SMPN 3)-Kamboja (SMP Saraswati). Dengan drop zone di Toko Tiga Pilar Mas dan Toko alat tulis Tri Nadhi.

Untuk Denpasar Timur pada pagi bus melalui rute Jalan Trenggana-Siulan-WR Supratman-Meduri (SMPN 8)-Subita-WR Supratman-Plawa (SMPN 3)-Jepun-Kamboja (SMP Saraswati)-Surapati (SMPN 1). Dengan DROP ZONE, Indomart Trenggana, Toko alat tulis Asiki dan Fave Hotel.

“Itulah rute yang akan dilalui kendaraan bus sekolah. Kami berharap mudah-mudahan dengan adanya bus sekolah tersebut akan dapat mengurai kemacetan lalu lintas dan membantu anak-anak sekolah,” katanya.

 

Sumber berita : Antara

2 thoughts on “Pemkot Denpasar Akan Sediakan 6 Unit Bus Sekolah

Tinggalkan Balasan