Trans Binjai

Pemkot Binjai Siap Operasikan Trans Binjai Pengganti Bus Perintis

Berita Terkini

Binjai, Sumatera Utara, MobilKomersial.com – Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara resmi mempunyai 4 unit bus yang akan dioperasikan untuk Bus Trans Bijai. Rencananya, bus tersebut akan digunakan sebagai sebagai penunjang sarana dan prasarana angkutan moda darat untuk masyarakat Binjai dan tidak dikenakan biaya alias gratis. Bus Trans Binjai nantinya akan menggantikan peran Bus Perintis yang melintasi Kota Rambutan. Meskipun demikian, kehadiran Bus itu masih belum dketahui kapan bisa dioperasikan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Binjai, Syahrial mengutarakan alasannya, mengenai kapan beroperasinya bus Trans Binjai. Ia mengatakan, payung hukum yang mengelola bus tersebut belum ada.

“Belum tahu bagaimana. Nanti petunjuk pak wali. Sekarang masih dibuat di bawah kelola Dinas Perhubungan,” kata Syahrial saat ditanya SKPD atau perusahaan daerah yang bakal mengelola bus tersebut.

Secara fisik, Syahrial belum tahu ‎kapan Bus Trans Binjai tiba di Kota Rambutan. Sebab, bus Trans Binjai masih butuh beberapa perbaikan lantaran dikirim dari Bogor melalui jalan darat.

Sementara itu Walikota Binjai, Muhammad Idaham mengatakan, kehadiran Bus Trans Binjai, diharapkan dapat mendukung program Smart City. “kami akan mengoperasikan empat bus pengganti bus Perintis ini secepatnya. Namun, sebelum dioperasikan, kami akan membangun sejumlah halte pemberhentian,” tuturnya, Kamis (5/10).

Idaham menambahkan, nanti halte pemberhentian akan dibangun dengan jarak 400 hingga 500 meter antara halte satu dengan halte berikutnya. Nantinya bus itu hanya akan berhenti di halte yang disediakan.

Dilihat dari spesifikasi, bus buatan India itu dilengkapi dengan Air conditioning (AC). Selain itu juga terdapat CCTV dan GPS tracker sehingga memberikan rasa aman dan nyaman sesuai dengan harapan masyarakat.

Dikatakannya, ke empat bus tersebut sementara ini hanya akan melayani dua koridor yakni di Kecamatan Binjai Timur dan Selatan.

“Di Kecamatan Binjai Timur dilayani bis berwarna bijau dan biru untuk di Kecamatan Selatan,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan