home Berita Terkini, Bus & Truk, Transportasi Minitrans Siap Gantikan Metromini

Minitrans Siap Gantikan Metromini

Minitrans Siap Gantikan Metromini

MobilKomersial.com –  Banyaknya armada bus Metromini yang sudah tidak layak jalan menjadi cikal bakal diluncurkannya MiniTrans untuk menggantikan metro bus tersebut.

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan mengoperasikan bus kota modern yang dinamakan Minitrans. Minitrans ini akan menjadi angkutan umum yang menghubungkan para penumpangnya dari beberapa titik bus stop ke halte TransJakarta. Bedanya, bus angkut tersebut akan menjadi lebih modern dan seksi pada eksterior dan interiornya.

“Dinamakan Minitrans, salah satu angkutan umumnya, ia akan menggantikan fungsi Metromini yang telah menemani warga Jakarta beberapa tahun silam yakni sebagai pengumpan atau feeder,” ujar Wibowo selaku hubungan masyarakat PT. Transjakarta.

Minitrans bernuansa mirip metromini, berwarna orange yang menjadi ciri khas Metromini. Bus ini memiliki 15 seat yang terdiri dari 13 seat reguler dan dua bangku prioritas. Nantinya bus modern tersebut akan beroperasi layaknya bus metromini. Meski begitu, angkutan umum tersebut tetap akan menerapkan transaksi pembayaran non tunai seperti layanan TransJakarta.

Sementara itu dari tempat terpisah, Presiden Direktur PT TransJakarta, Budi Kaliwono menyampaikan alasan yang dilakukan pihaknya memakai pembayaran uang elektronik. Ia mengatakan hal itu untuk mempercepat waktu transaksi sekaligus meminimalisir kecurangan dalam bertransaksi.

“Sistem pembayaran nanti akan kita gunakan seperti TransJakarta, sistem tap in (menggunakan kartu atau non tunai),” ucap Budi menjelaskan.

Minitrans dihadirkan sebagai pengganti fungsi metro mini yang telah usang. Angkutan umum modern itu difungsikan juga sebagai penghubung penumpang dari beberapa titik pemberhentian bus menuju halte TransJakarta. Rencananya Minitrans ini akan beroperasi di Jakarta pada pekan depan. Direktur Utama PT TJ Budi Kaliwono mengungkapan, peluncuran Minitrans guna meningkatkan layanan dan kenyamanan masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan