home Berita Terkini, Bus & Truk, Mancanegara, Truk Lebih Dekat dengan Truk Heavy Duty Terbaru Scania S dan R Series

Lebih Dekat dengan Truk Heavy Duty Terbaru Scania S dan R Series

Lebih Dekat dengan Truk Heavy Duty Terbaru Scania S dan R Series

Paris, MobilKomersial.com – Pabrikan truk asal Swedia, Scania, pekan lalu baru saja meluncurkan dua truk terbaru yang diperkenalkan di Paris, Prancis. Truk yang diperkenalkan ini masih-masing adalah Scania New R dan Scania New R model. Truk Scania New S series ini diklaim 5 persen lebih efisien ketimbang seri truk Scania Streamline yang dirilis Scania pada tahun 2013 lalu.

Kedua truk ini dirancang untuk menghadirkan performa aerodinamika yang lebih baik setelah melalui serangkaian proses pengujian lama oleh Scania sebelum resmi diluncurkan. Bahkan, kedua seri truk ini diklaim sebagai truk paling aerodinamis dibandingkan para kompetitornya di pasar. Kedua truk juga dibekali mesin seri terbaru yang diklaim lebih efisien. Kabinnya juga disempurnakan dan didesain ulang untuk menghadirkan ruang kabin yang lebih lapang bagi pengemudi.

Scania New S series

Pada seri Scania New S series, truk ini dilengkapi dengan tiga air deflector yang bisa disesuaikan posisinya untuk memperbaiki alignment antara kabin dengan trailer roof sekaligus memperkecil gap (jarak) antara lampu dan komponen eksternal lainnya pada truk ini.

New Scania S series
New Scania S series

Penyempurnaan juga dilakukan pada windscreen-nya dan sudah dilengkapi pula dengan lampu auxiliary yang terintegrasi dan lampu end-marker yang ditempatkan di bagian atas windscreen. Sepasang spion di truk ini juga telah didesain ulang untuk memaksimalkan aliran udara (airflow) sekaligus mengurangi hambatan angin saat truk melaju di jalan raya.

Scania New R series

New Scania R series
New Scania R series

Seri Scania New R series juga mengadopsi prinsip-prinsip yang sama seperti penyempurnaan pada New S series dengan rangka yang lebih ramping. Seri truk terbaru ini hadir dalam pilihan mesin dengan rentang tenaga mulai dari 410 horse power sampai 730 horse power dengan pengembangan ulang pada powertrain, dengan fuel injection baru, combustion chambers yang juga baru serta sistem pendinginan yang telah direkonfigurasi ulang. Semuanya telah menjalani pengetesan hingga lebih dari 10 juta km sebelum resmi diperkenalkan.

 

Penulis: M Arief

Tinggalkan Balasan