home Berita Terkini, Mancanegara, Mobil, Teknologi Google Bersiap Meluncurkan Mobil Otonom

Google Bersiap Meluncurkan Mobil Otonom

MobilKomersial.com – Tahun ini Google berencana akan meluncurkan mobil otonom. Mobil tanpa sopir ini akan diluncurkan di Phoenix, Arizona. Menurut laporan dari The Information’s Amir Efrati, dua sumber anonim mengatakan kepada Efrati bahwa unit mobil penggerak mobil milik Google, Waymo, bersiap untuk meluncurkan “layanan berbagi perjalanan komersial yang didukung oleh kendaraan penggerak sendiri tanpa driver ‘keselamatan’ manusia segera setelah musim gugur ini.”

Jelas, tidak ada jaminan bahwa Waymo akan mencapai sasaran ambisius ini. Tapi ini pertanda bahwa Waymo percaya teknologinya sudah cukup siap digunakan secara komersial. Dan ini menunjukkan bahwa Waymo kemungkinan akan memperkenalkan jaringan mobil tanpa sopir pada tahun 2018 jika tidak melakukannya di sisa bulan 2017.

Waymo berencana untuk memulai pertama di pinggiran kota Phoenix

Efrati melaporkan bahwa CEO Waymo John Krafcik menghadapi tekanan dari atasannya, pendiri Google dan CEO alfabet Larry Page, untuk mengubah teknologi penggerak diri Waymo yang mengesankan menjadi produk pengiriman.

Menurut Efrati , layanan Waymo kemungkinan akan diluncurkan pertama kali di Chandler, sebuah daerah pinggiran Phoenix dimana Waymo telah melakukan pengujian ekstensif. Waymo memilih daerah Phoenix karena cuaca yang kondusif, jalannya yang luas dan terpelihara dengan baik, dan sedikitnya pejalan kaki. Faktor penting lainnya adalah hukum yang lebih permisif untuk kendaraan otonom.

Beberapa masalah yang harus diperbaiki

Namun masih ada beberapa masalah untuk dikerjakan. “Saat Waymo diuji di Phoenix awal tahun ini, pengemudi terkadang harus mengambil alih kemudi untuk mencegah mobil menahan lalu lintas karena butuh waktu terlalu lama bagi operator di pusat komando untuk menjawab permintaan bantuan mobil,” Efrati menulis. Menghindari masalah semacam ini akan mengharuskan Waymo untuk mempekerjakan dan melatih banyak operator manusia.

Sementara itu, banyak pesaing Waymo juga berencana meluncurkan mobil self-driving pada 2020, 2021, atau yang lebih baru. Bahkan jika jadwal Waymo tergelincir beberapa bulan dan ini memperkenalkan layanan mobil penggerak sendiri di pertengahan tahun 2018, bukan pada akhir 2017.

Tinggalkan Balasan