home Berita Terkini, Mancanegara, Teknologi, Truk General Motors Kembangkan Kendaraan Komersial Masa Depan

General Motors Kembangkan Kendaraan Komersial Masa Depan

MobilKomersial.com — General Motors telah mengambil pendekatan yang jauh lebih radikal dalam pengembangan kendaraan komersial generasi berikutnya. Memenuhi Superstruktur Silent Utility Rover Universal, atau SURUS untuk jangka pendek.

Diresmikan pada hari Jumat menjelang pertemuan musim gugur Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat, di mana akan dipresentasikan pada hari Senin, SURUS pada dasarnya adalah platform modular yang dirancang untuk truk heavy-duty yang akan memungkinkan pengoperasian tanpa henti, nol emisi berbahaya, dan operasi otonom.

Ini menggabungkan chassis truk GM yang telah terbukti dengan powertrain sel bahan bakar hidrogen dan sistem penggerak sendiri, dan dirancang agar sesuai dengan sejumlah aplikasi komersial dan militer. Kemungkinan mencakup segala hal mulai dari truk konstruksi dan transportasi biasa sampai truk darurat dan militer. Platform ini juga bisa berfungsi sebagai pembangkit listrik selama keadaan darurat.

Baca Juga : Rahasia Teknologi Mobil Otonom Terungkap

Ada sistem penggerak listrik pada masing-masing as roda untuk penggerak 4 roda. Ada juga kemudi 4 roda untuk manuver yang lebih baik. Baterai lithium-ion akan memberi kekuatan pada kendaraan. Dengan tangki penyimpanan hidrogen terisi, GM mengatakan truk tersebut bisa menempuh jarak 400 mil.

Seperti yang dilansir motorauthority.com, akan ada kemampuan self-driving. GM tidak membahas secara rinci namun mengatakan beberapa kendaraan yang menggunakan platform dapat beroperasi dalam konfigurasi pemimpin-pengikut. Orang bisa dengan mudah membayangkan sebuah peleton kendaraan di jalan raya dengan hanya kendaraan utama yang membutuhkan supir.

Sementara GM mengatakan berkomitmen untuk membawa teknologi ke pasar, tidak ada yang menyebutkan kapan hal itu bisa terjadi. Kemungkinan kita akan melihat pelepasan fitur SURUS yang terhuyung-huyung. Misalnya, GM telah menunjukkan truk sel bahan bakar ZH2 berbasis Chevrolet Colorado yang saat ini sedang diuji oleh Angkatan Darat.

Pengujian telah menunjukkan ZH2 mengurangi jarak non-deteksi akustik sebesar 90 persen dibandingkan dengan truk konvensional yang beroperasi. Ini berarti ZH2 bisa 10 kali lebih dekat sebelum terdeteksi. Penguji juga mengamati keuntungan potensial untuk pembangkit listrik stasioner dari generator diesel, termasuk pengurangan kebisingan dan penggunaan bahan bakar yang signifikan. Pengujian akan berlanjut sampai musim semi 2018.

SURUS hanyalah salah satu bagian dari strategi menyeluruh GM untuk menghilangkan emisi tidak hanya tapi juga kemacetan dan kerusakan. Untuk menangani hal-hal lain, GM mengembangkan layanan mobilitas baru, mobil penggerak sendiri, dan mobil yang berkomunikasi satu sama lain dan infrastruktur sekitarnya. Pembuat mobil tersebut, pekan lalu juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan 20 mobil listrik , termasuk mobil sel bahan bakar, pada tahun 2023.

One thought on “General Motors Kembangkan Kendaraan Komersial Masa Depan

Tinggalkan Balasan