home Berita Terkini, Tips Cara Mudah Hadapi Pesepeda dan Pejalan Kaki

Cara Mudah Hadapi Pesepeda dan Pejalan Kaki

Cara Mudah Hadapi Pesepeda dan Pejalan Kaki

Jakarta, MobilKomersial.com – Jalan raya selalu dipadati berbagai jenis kendaraan yang lalu lalang menuju lokasi masing-masing. Tak hanya motor, mobil, truk dan angkutan umum saja yang menggunakan jalan ini, namun juga pesepeda dan pejalan kaki. Kota-kota besar sudah banyak menyediakan jalur khusus penyebrang jalan dan juga pesepeda.

Namun, tak banyak yang menggunakan fasilitas ini dan lebih memilih menyebrang jalan sembarangan. Anda sebagai pengguna mobil pun harus waspada terhadap kecelakaan yang bisa terjadi. Nah, ini dia beberapa cara mudah menghadapi pejalan kaki dan pesepeda di jalan raya.

Awasilah kondisi lalu lintas sekitar sambil memperhatikan pergerakan pejalan kaki. Pejalan kaki dan pesepeda ini bisa saja melakukan gerakan yang tak terduga seperti berbelok, berhenti atau balik arah. Untuk itu, usahakan menurunkan kecepatan mobil sambil memantau kondisi sekitar.

Perhatikan spion mobil karena bisa memvisualkan kondisi yang ada di belakang mobil. Spion juga bisa digunakan sebagai patokan untuk mobil wilayah kiri, sehingga Anda bisa memperkirakan ruang yang cukup ketika berpapasan dengan pejalan kaki maupun pedagang.

Anda juga bisa memberikan peringatan pada pengguna jalan lain terutama pejalan kaki dan pesepeda dengan membunyikan klakson. Banyak pesepeda atau pejalan kaki yang kurang waspada akan situasi jalan karena sedang mendengarkan musik melalui earphone. Anda harus lebih waspada ketika hal semacam ini ditemui di jalan.

Jika ada pesepeda di sekitar jalan yang akan dilalui, jangan sampai melakukan gerakan yang mendadak saat mengendarai mobil anda. Misalnya berbelok, berhenti dan balik arah secara mendadak. Hal ini bisa membahayakan sepeda yang berada di belakang mobil karena mereka kebanyakan kurang waspada akan pergerakan mobil di depannya.

Tinggalkan Balasan