home Berita Terkini, Bus & Truk, Teknologi Canggihnya Mimamori pada Isuzu, Bisa “Ngomelin” Sopir

Canggihnya Mimamori pada Isuzu, Bisa “Ngomelin” Sopir

Jakarta, MobilKomersial.com – Isuzu Motors menawarkan cara baru untuk mendukung segmen kendaraan komersial dengan cara mengumpulkan dan mengirimkan data operasional kendaraan ke internet yang terkoneksi ke jaringan IT. Sistem “Fleet Management System“, bernama MiMAMORI diaplikasikan pada kendaraan niaga Isuzu seperti pada truk Giga series.

MIMAMORI

merupakan nama sistem telematika dari Isuzu untuk kendaraan komersial – telah diluncurkan sejak tahun 2001. Sistem ini telah berkembang dari awalnya hanya untuk menyiapkan laporan eco-drive melalui pemantauan status, hingga sekarang bagaimana pedal akselerasi tertekan atau bagaimana gigi digeser oleh pengemudi.

Setelah perkembangan selama bertahun-tahun, MIMAMORI telah menjadi perlengkapan standard dari new Isuzu GIGA yang menyediakan layanan informasi dan teknologi komunikasi terbaru serta GPS.

Teknologi Isuzu

Lebih spesifiknya, sistem telematika Isuzu pada Isuzu GIGA ini memberikan eco drive tips kepada pengemudi berdasar cara dia berkendara. Lebih dari itu, sistem ini memiliki fitur standard apabila terjadi indikasi awal kerusakan pada kendaraan (mesin dan transmisi) sebelum kerusakan yang besar, dengan melihat cara monitoring status operation komponen tersebut. Pelanggan diberi peringatan awal, yang dapat dilihat pada internet.

Pada saat yang sama, informasi ini dikirimkan ke Isuzu melalui sistem jaringan utama, untuk dapat diinspeksi dan dilakukan pemeliharaan preventif agar kendaraan selalu prima dan tidak mengganggu waktu operasional pelanggan.

Sistem ini dinamakan PRE-ISM, dimana informasi diperoleh dari MIMAMORI. Tujuan dari sistem ini adalah memberikan support tambahan agar kendaraan pelanggan selalu dapat berjalan dengan baik.

Perangkat Cerdas

Dilihat dari cara kerjanya, Mimamori merupakan perangkat cerdas. Misalnya, ketika driver menekan pedal gas alias ‘ngebut’, MIMAMORI yang terpasang pada truk akan segera memberi peringatan dengan mengeluarkan suara bahwa truk yang dikemudikan telah melebihi ambang batas kecepatan. Begitu pula ketika terjadi pengereman mendadak, MIMAMORI pun berteriak bahwa pengemudi telah melakukan pengereman mendadak.

Real Time

Secara real time, MIMAMORI akan melaporkan perilaku pengemudi apakah sudah berkendara dengan aman dan efisien. Dengan alat ini, perusahaan bisa mengetahui apakah unitnya digunakan secara benar yang otomatis akan berpengaruh pada perencanaan biaya operasional unit tersebut.

Editor :Dms

 

Tinggalkan Balasan