home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Transportasi Bus Kota Modern Siap Beroperasi Gantikan Metromini di Jakarta

Bus Kota Modern Siap Beroperasi Gantikan Metromini di Jakarta

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan mengoperasikan dua bus kota modern yaitu Minitrans dan Metrotrans. Nantinya salah satu bus modern tersebut akan beroperasi layaknya bus metromini. Meski begitu, kedua angkutan umum tersebut akan menerapkan transaksi pembayaran non tunai seperti layanan TransJakarta.

Presiden Direktur PT TransJakarta, Budi Kaliwono menyampaikan alasan yang dilakukan pihaknya memakai pembayaran uang elektronik. Ia mengatakan hal itu untuk mempercepat waktu transaksi sekaligus meminimalisir kecurangan dalam bertransaksi.

“Sistem pembayaran nanti akan kita gunakan seperti TransJakarta, sistem tap in (menggunakan kartu atau non tunai),” ucap Budi menjelaskan.

Minitrans dihadirkan sebagai pengganti fungsi metro mini yang telah usang di makan waktu. Angkutan umum modern itu difungsikan juga sebagai penghubung penumpang dari beberapa titik pemberhentian bus menuju halte TransJakarta.

Sementara Metrotrans, mempunyai fungsi cukup besar dibanding Minitrans. Angkutan ini dapat berfungsi seperti Transjakarta dan bisa menjadi pengganti Metromini yang tidak masuk dalam jalur khusus. Terlebih lagi, bus ini sangat ramah untuk penyandang disabilitas.

Tinggalkan Balasan