Mobikom-image-Western Star Kembangkan Truk Tangki 4900XD

Tipe Ban Sesuai dengan Jenis Truk

Berita Terkini Tips

Tipe Ban Sesuai dengan Jenis Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Siapa bilang semua ban sebuah truk sama saja. Yang penting kuat agar mampu menopang beban yang diembannya. Dibutuhkan tipe ban truk yang sesuai dengan fungsinya, agar truk dapat bekerja maksimal. karena, memilih tipe ban yang salah akan mendatangkan masalah di perjalanan nanti.

Truk boks kecil dengan truk tronton misalnya, keduanya membutuhkan tipe ban yang berbeda karena keduanya memiliki fungsi yang berbeda pula. Truk boks kecil biasanya digunakan untuk mengirimkan barang, distribusi, dan ekspedisi, akan lebih baik memilih ban all season tire yang cocokdengan jalanan beraspal, nyaman digunakan untuk kecepatan tinggi.

Truk tronton berbeda dengan truk boks karena barang yang dibawa biasanya memiliki berat hingga ratusan ton. Truk ini membutuhkan ban yang bisa menopang perjalanan dengan beban yang sangat berat. Tidak heran bila truk tronton menggunakan ban dengan kemampuan angkut yang tinggi.
Truk yang mengangkut berbagai benda cair seperti bensin atau cairan kimia biasanya disebut dengan truk tangki. Truk seperti ini membutuhkan ban yang bisa menjaga kestabilan badan truk. Berbeda juga dengan truk trailer yang biasa mengangkut boks peti kemas. Truk ini dirancang untuk menarik bukan mengangkut barang. Ban truk ini harus menggunakan ban khusus, biasanya diberikan label dengan kode Special Trailer atau ST.
Menemukan tipe ban truk sesuai dengan fungsinya gampang-gampang susah, karena harus mengerti truk yang digunakan dan apa isi muatan yang dibawa.

Namun setelah menemukan ban yang sesuai, Anda juga harus rajin merawat kesehatan truk terutama ban karena bila tidak, bisa terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan pengguna. Misalnya memelihara tekanan angin, tidak kurang tidak lebih. Akan lebih baik bila saat menggunakan truk jarak pengereman diatur sehingga tekanan angin sesuai dengan ban dan kemampuan rem lebih baik, patuhi pula jarak aman berkendara.

 

Hits: 813

Tinggalkan Balasan