home Berita Terkini, Sports Rute IOX 2017 yang Sangat Esktrim, Merupakan Rintangan Terberat Para Off-Roader

Rute IOX 2017 yang Sangat Esktrim, Merupakan Rintangan Terberat Para Off-Roader

Jakarta, MobilKomersial.com – Ajang offroad tahunan yang bertajuk Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Celebes siap beraksi kembali menjelajahi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan pada 7 – 21 Oktober 2017. IOX 2017 Celebes merupakan event kelanjutan dari event IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi – Palembang, IOX 2013 Sabang – Medan, IOX 2014 Lahat – Monas, IOX 2015 Jakarta – Surabaya, dan IOX 2016 Jogja – Bali.

Dalam IOX 2017 Celebes, para peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya untuk menembus rute-rute ekstrim di dua provinsi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah. “IOX 2017 Celebes direncanakan start dari Kendari tanggal 7 Oktober 2017 dan finish di kota Makasar tanggal 21 Oktober 2017, melalui Danau Matano dan Toraja,” kata Sri Hascaryo, Ketua Klub offroad IOX di Jakarta (17/9/2017).

Perjalanan sepanjang sekitar 1500 Km dalam 15 hari perjalanan ini, waktunya mayoritas akan dilakukan di area super ekstrim Sulawesi yang sangat menantang. Ekspedisi ini akan benar-benar menguji skill dan kesabaran para off-roader hingga ke batas kemampuannya.

Rute yang super ekstrim

Rute IOX-2017 akan melalui jalur-jalur tua sepanjang 40 Km yang sudah terlupakan dan tidak terpakai lagi, yang kondisinya saat ini telah menjadi sangat super ekstrim,” paparnya.

Track tersebut memang menjadi impian offroader mengingat sampai sekarang masih perawan karena survey dilakukan dengan jalan kaki oleh Tim Survey tanpa kendaraan, dengan jalan kaki selama 3 hari 3 malam.

Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Celebes 2017
Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Celebes 2017

Fionk Kamil, Team Leader IOX 2017 Celebes yang bertanggung jawab terhadap rute dan track, menjelaskan kondisi track sangat menantang mengingat sudah 20 tahun tidak dilalui kendaraan. “Terdapat sekitar 21 pohon yang tumbang yang harus dibersihkan peserta serta melalui 4 rawa setinggi kap mesin dan menyeberangi beberapa sungai lebar dan dalam dengan arus yang deras,” terang Fionk.

Fionk berharap tidak hujan deras, karena hujan dikhawatirkan akan menyulitkan peserta menyeberang, mengingat track ini adalah track satu arah.

Track Raota – Rante Angin, track terberat

Track Raota – Rante Angin tersebut akan menjadi track terberat yang akan menyiksa peserta. Fionk memperkirakan dibutuhkan waktu sekitar 7 hari 7 malam untuk berhasil keluar dari track tersebut. Karenanya Fionk mengingatkan peserta untuk benar-benar bersiap baik logistic maupun spareparts mengingat kondisi track yang tidak dapat diprediksi.

Dengan track seperti itu kerjasama tim sangat penting. Kemampuan Navigator dan mekanik akan sangat menentukan keberhasilan peserta berhasil keluar dari track ganas tersebut, mengingat resiko kerusakan kendaraan sangat tinggi,

Fionk yang akan mengendarai Jeep JK dari Garansindo dan Mopar sebagai car leader, bukan orang baru dalam melaksanakan event seperti IOX. Berbagai event offroad ekstrim Nasional telah digarapnya bahkan Fionk peserta IOX sejak tahun 2012.

Tinggalkan Balasan