home Berita Terkini, Tips Persiapan Perjalanan yang Efektif

Persiapan Perjalanan yang Efektif

Jakarta, MobilKomersial.com –┬áMelakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi sangatlah menyenangkan. Terlebih jika Anda membawa serta keluarga menuju tempat hiburan atau kerabat. Selama masa cuti atau tanggal merah, berlibur bersama keluarga bisa menjadi ide yang cemerlang.

Menuju beberapa lokasi wisata yang Anda ketahui dengan kendaraan pribadi akan terasa lebih menyenangkan. Namun, Anda haruslah mempersiapkan segala sesuatunya secara matang agar tak ada kendala selama perjalanan. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus Anda rencanakan baik-baik sebelum melakukan perjalanan bersama keluarga.

Rencanakan Tempat Wisata

Rencanakanlah semua kegiatan dan rutinitas penting yang akan dilakukan dalam perjalanan. Pastikan bahwa waktunya cukup untuk melakukan segala aktivitas selama perjalanan. Jangan sampai Anda sekeluarga membuang-buang waktu di satu tempat saja. Berikan waktu tambahan atau rencana cadangan jika ada tempat wisata yang harus ditinggalkan karena ramai.

Servis Mobil

Pastikanlah mobil Anda sudah diservis di bengkel kepercayaan. Bawa juga ban serep untuk jaga-jaga. Anda sebagai pengemudi juga harus mampu memperbaiki kerusakan kecil yang terjadi pada mobil. Ketahuilah dasar-dasar mesin Anda agar lebih mudah memperbaikinya jika rusak di tengah perjalanan. Pastikan bahwa rem dan baterai mobil dalam keadaan yang baik. Ban mobil Anda juga tak boleh terlewatkan dari pengecekan ini. Ban mobil mudah sekali kehilangan tekanan yang bisa membuat performa mobil Anda kurang stabil.

Istirahatlah

Sebelum melakukan perjalanan panjang, tidurlah atau beristirahatlah yang nyenyak di malam sebelumnya. Jika perlu, lakukan medical checkup untuk memastikan bahwa Anda benar-benar siap untuk mengemudi dalam waktu yang lama. Jangan sampai Anda memulai perjalanan dengan keadaan lelah ataupun mengantuk. Bawalah obat-obatan yang biasanya dikonsumsi oleh Anda dan keluarga.

Periksa Kondisi Cuaca

Cuaca juga merupakan faktor penting yang harus diperiksa. Jika sedang hujan, bawalah payung atau jas hujan untuk jaga-jaga. Ketahui pula lokasi tempat tujuan dan jalan yang akan ditempuh. Kalau Anda tersesat, Anda akan membuang banyak waktu dan jadwal liburan yang sudah disusun sempurna jadi berantakan. Setelah itu, periksalah semua barang yang akan dibawa satu kali lagi tepat sebelum Anda berangkat. Catatlah barang bawaan yang direncanakan agar Anda tak ketinggalan satu barang pun.

One thought on “Persiapan Perjalanan yang Efektif

Tinggalkan Balasan