home Berita Terkini, Tips Mesin Mudah Mati Karena AC, Ketahui Sebabnya

Mesin Mudah Mati Karena AC, Ketahui Sebabnya

Mesin Mudah Mati Karena AC, Ketahui Sebabnya

Jakarta, MobilKomersial.com – Air Conditioner (AC) mempunyai pengaruh terhadap sistem kerja sebuah mesin kendaraan. Karena peranan tersebut, kesalahan setingan bisa malah membuat mesin semakin terbebani saat melaju.

Tanda yang paling sering terjadi ketika mesin terbebani karena AC yakni mesin seakan-akan ingin mati ketika dalam keadaan berhenti. Jika dalam kecepatan rendah, gas harus ditekan lebih dari biasanya, untuk lebih meningkatkan putaran mesin.

Jika hal itu sudah terjadi pada kendaraan anda, alangkah baiknya untuk mengenali penyebab permasalahan ini. Salah satu penyebabnya adalah dikarenakan setingan idle yang kurang tepat. Idealnya, saat diam dan AC belum dihidupkan, mesin akan bergerak sekitar 800 rpm.

Jika AC sudah dinyalakan, rpm akan naik hingga 900 sampai 1.000 rpm. Jika rpm berada di bawah batas itu, mesin akan sangat mudah mati. Kasus ini jarang terjadi pada mobil dengan injeksi, karena memang sudah diatur dengan sistem elektrik.

Selain itu sirkulasi yang kurang baik bisa menyebabkan kompresor diharuskan bekerja ekstra. Gangguan ini bisa dikarenakan debu yang dapat menyebabkan kondensor atau evaporator terganggu.

Kompresor yang terlalu besar dan tidak sesuai standar ternyata menyebabkan mesin drop. AC kerap kali terbebani mesin, tapi di lain sisi, adakalanya mesin memang mengalami gangguan dan perlu direvisi ulang.

Nah, MobKomers itu beberapa penyebab mesin kendaraan mudah mati dikarenakan masalah AC. Pastikan mobil anda dalam kondisi sehat, dan berkemudi dengan tanggung jawab.

Tinggalkan Balasan