home Berita Terkini, Bus & Truk, Karoseri Dishub Jatim Permudah Membuat Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk Karoseri

Dishub Jatim Permudah Membuat Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) untuk Karoseri

Jakarta, MobilKomersial.com – Pengusaha karoseri yang kebanyakan berdomisili di Jawa Timur, sebelumnya harus mengurus perijinan di Kota Jakarta. Kini para pelaku bisnis karoseri tidak perlu lagi datang ke Ibukota. Pasalnya, sebuah terobosan kebijakan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur yang memberi kemudahan terkait perijinan Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan bermotor yang saat ini menjadi kewenangan pusat.

“Kini, pengusaha karoseri tidak perlu mondar mandir ke Jakarta untuk mengurus Surat Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan bermotor, cukup dari kantornya saja,” ujar Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT Kepala Dishub Jatim, kepada awak media, saat acara Pameran di JIExpo, Jakarta, Kamis (14/09).

Menurut dia, guna mendapatkan SRUT, para pengusaha karoseri tetap duduk di kantornya masing masing, proses perijinan dilakukan secara online. “Proses yang semula butuh waktu lebih dari 1 bulan, kini terselesaikan dalam waktu 1 hari atau 2 hari,” terangnya.

Teknis mengurus SRUT

Diterangkan lebih rinci oleh Wahid, dalam prosesnya, karoseri cukup upload data secara online ke Dinas Perhubungan Provinsi. Petugas kemenhub juga tidak perlu datang ke daerah atau karoseri untuk cek adminsitrasi dan fisik kendaraan. Hasilnya dikirim secara online ke Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. Setelah dicek oleh petugas kemenhub dan ditanda tangani oleh Dirjen Perhubungan Darat, lalu dikirim kembalil secara on line ke Dishub Provinsi, dan selanjutnya dikirim ke Karoseri.

Keuntungannya

Adapun keuntungan yang didapat dalam terobosan kebijakan ini, para pengusaha tidak lagi mengeluarkan biaya yang biasanya harus bolak-balik ke Jakarta. Sebelumnya, mengurus SRUT selama ini mengharuskan perusahaan karoseri datang beberapa kali ke kantor Kemenhub.

Ditambahkan dia, cara ini juga menghindarkan timbulnya pungli dan tentu sangat menguntungkan bagi pihak karoseri. Secara nasional dampaknya sangat besar, karena di Jatim saja rata rata perbulan mengurus SRUT 1.600 kendaraan.

“Diharapkan semua perijinan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, dapat mencontoh pelayanan SRUT ini. Pelayanan SRUT online telah resmi diluncurkan pada 5 September 2017 kemarin oleh Dishub Provinsi Jatim,” pungkas Wahid.

 

Tinggalkan Balasan