home Berita Terkini, Transportasi Dishub Depok Sambut Baik Rencana Koridor XVI Transjakarta

Dishub Depok Sambut Baik Rencana Koridor XVI Transjakarta

Dishub Depok Sambut Baik Rencana Koridor XVI Transjakarta

Jakarta, MobilKomersial.com – Dinas Perhubungan Kota Depok menyambut baik rencana Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang akan membangun koridor XVI Bus Transjakarta dengan rute Manggarai-Kampus UI.

Pembangunan rute ini akan berkaitan dengan Pemerintah Kota Depok. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan bahwa pihaknya sudah pernah membicarakan rencana tersebut bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Menurut Gandara, Dinas Perhubungan Kota Depok menyetujui adanya pembangunan Koridor XVI tersebut. Bahkan, Gandara berharap agar pembangunan koridor tersebut bisa diperpanjang hingga ke Terminal Depok sehingga warga Depok dapat menikmati transportasi dengan menggunakan Transjakarta.

“Jika bisa sampai ke Terminal Depok mungkin akan lebih baik ya. Jadi penggunaan transportasi massal ini dapat mengurangi kemacetan karena tidak menggunakan kendaraan pribadi,” kata Gandara kepada SP, Selasa (22/8).

Gandara berharap, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dapat segera mengadakan pembicaraan lanjutan dengan Dinas Perhubungan Kota Depok karena dia meyakini bahwa adanya Koridor Bus Transjakarta ini dapat membawa manfaat bagi warga DKI Jakarta dan juga bagi warga Kota Depok.

Sebelumnya, Wakil Kepala Dishub DKI Sigit Wijatmoko mengatakan pembangunan dua koridor Transjakarta perlu dibahas dengan berbagai pihak, terutama pemerintahan daerah di sekitar Jakarta. Diantaranya, Bekasi dan Depok.

Pembangunan Koridor XVI dengan rute Manggarai-Kampus UI akan berkaitan dengan pemerintah daerah Kota Depok. Dan koridor XV dengan rute Blok M-Kalimalang, akan berkaitan dengan Pemerintah Kota Bekasi.

“Itu kan desainnya sama ya, elevated. Cuma masih perlu dikomunikasikan dengan pihak lain. Seperti Koridor XV, dari Kalimalang-Blok M, di kawasan Kalimalang sedang dilakukan pembangunan jalan tol Becak Kayu. Apakah nanti trasenya itu berhimpitan atau seperti apa, ini yang dikomunikasikan,” jelas Sigit, Senin (21/8).

Begitu juga dengan Koridor XIV, dari arah Pasar Minggu ke Manggarai, disepanjang rute tersebut ada pertimbangan pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota. “Nah bagaimana integrasinya, ini yang masih kita review trasenya,” ujarnya.

Menurutnya, berdasarkan rencana induk Pola Transportasi Makro (PTM) 2007, koridor XIV dan XV memang dibangun layang karena khusus untuk bus Transjakarta. Sama dengan koridor XIII (Ciledug-Tendean) yang juga dibangun layang dan khusus untuk bus Transjakarta.

Namun, rencana induk PTM tersebut harus dikaji ulang kembali. Karena ada penambahan dan perkembangann jalan dan transportasi di Kota Jakarta.

“Seperti, sekarang ada kebijakan Manggarai sebagai center station. Juga konekting dari Manggarai ke Pasar Minggunya bagaimana. Supaya tujuan integrasinya bisa tercapai. Jadi harus dilakukan review secara keseluruhan. Karena terlalu banyak perubahan moda transportasi disitu. Jadi ahrus ada penyesuaian lagi,” paparnya.

 

Sumber : Suara Pembaruan

Tinggalkan Balasan