home Berita Terkini, Bus & Truk Cerita Pengusaha Bus Konsumen Hino di Indonesia (Bagian 2)

Cerita Pengusaha Bus Konsumen Hino di Indonesia (Bagian 2)

Cerita Pengusaha Bus Konsumen Hino di Indonesia (Bagian 2)

100 Persen Armada Restu Bermesin Hino

Jakarta, MobilKomersial.com – Pengusaha otobus yang menjadi konsumen loyal Hino lainnya di Jawa Timur adalah PO Restu. Perusahaan otobus yang berbasis di Lawang, Malang, dan memiliki garasi di Sidoarjo ini boleh dibilang adalah loyalis Hino sejati lantaran 100 persen armadanya menggunakan mesin Hino, terutama bus Hino bermesin depan, A215 series untuk menunjang operasi armada regulernya di kelas ekonomi AC dan non-AC di trayek yang melayani sejumlah kota di Jawa Timur seperti Malang-Surabaya, Surabaya-Jember, Surabaya-Ponorogo, dan Surabaya-Magetan, serta trayek Surabaya-Semarang dengan nama PO Sinar Mandiri Mulia.

Perusahaan otobus yang armadanya didominasi warna hijau bergambar panda ini dimiliki oleh keluarga Christian Hadi Wijaya. Menurut Hino Cares edisi 026. Christian mendirikan perusahaan jasa transportasinya ini pada 1985, diawali dari satu unit bus bekas. Trayek armada PO Restu dengan rute terjauh saat ini adlah 620 kilometer. Saat ini Restu mengoperasikan 200 armada yang bermain di kelas ekonomi AC dan Non-AC dan kelas Patas AC yang seluruhnya bermesin Hino.

“Kami pertama kali membeli bus Hino sekitar 1990. Hino kami pilih setelah mendapat masukan dari pengusaha bus lain, mereka menyatakan bus ini kuat dan handal,”  sebut Christian.

Baca Juga : Cerita Pengusaha Bus Konsumen Hino di Indonesia (Bagian 1)

Bus Hino yang pertama dia beli sebanyak empat unit. Rupanya, masukan dari rekan sesama pengusaha bus yang didapatnya tidak keliru. Christian puas pada kinerja dan performa bus ini karena mudah dalam perawatan serta dukungan dari diler. Yang membuat Christian terkesan adalah pengalamannya saat melakukan perbaikan mesin Hino.

“Suatu ketika kami sedang sangat membutuhkan spare part tertentu yang ternyata sedang tidak tersedia di (jaringan diler Hino) di Jawa Timur. Kondisinya begitu mendesak. Diler tersebut kemudian mengutus seseorang ke Jakarta untuk mendapatkan spare part yang kami butuhkan tersebut,” tutur Christian. Praktis, PO Restu menjadi pelanggan Hino sejak 25 tahun terakhir.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan