home Berita Terkini, Bus, Bus & Truk, Karoseri Berbodi Aluminium, Bus PPD Rakitan Volgren Ini Kuat dan Tahan Lama

Berbodi Aluminium, Bus PPD Rakitan Volgren Ini Kuat dan Tahan Lama

bus karoseri volgren, PPDBerbodi Aluminium, Bus PPD Rakitan Volgren Ini Kuat dan Tahan Lama

Jakarta, MobilKomersial.com – Bicara tentang tren pemakaian bus berbodi aluminium di kalangan operator angkutan bus Indonesia, Perum PPD boleh jadi merupakan perintisnya.

Ini lantaran operator BUMN inilah yang tercatat pernah mendatangkan bus berbodi dari material aluminium ke Indonesia untuk dioperasikan sebagai bus kota di Jakarta.

Bus-bus tersebut merupakan rakitan Karoseri Volgren, Australia.

Bus ini pertama kali didatangkan ke Indonesia awal 1990-an, tepatnya sekitar 1991 untuk angkutan para tamu negara di perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non Blok di Jakarta.

Sebagian dari bus ini diimpor dalam bentuk utuh alias Completely Built Up (CBU). Ada juga yang diimpor terurai dan dirakit di Indonesia alias bentuk Completely Knock Down (CKD).

Karena menggunakan material aluminium, bus-bus ini menjadi tahan terhadap karat. Bobot bus secara keseleuruhan juga menjadi lebih ringan sehingga memaksimalkan GVW-nya untuk mengangkut penumpang lebih banyak.

Bus-bus ini menggunakan sasis dan dapur pacu Mercedes-Benz OH 306 Prima atau dikenal dengan sebutan Mercedes-Benz OH 1518/51. Setelah KTT Gerakan Non-Blok usai, bus-bus ini dioperasikan sebagai bus kota di Jakarta. Ada juga beberapa unit yang dipakai sebagai bus karyawan di Kementerian Perhubungan RI.

Jika Anda sempat datang ke pameran bus, truk dan industri komponen IIBT 2016 pada Maret 2016 lalu di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Anda bisa melihat dari dekat sosok bus Volgren ini, yang sampai saat ini masih dioperasikan oleh Perum PPD sebagai angkutan bus kota di Jakarta.
Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan