home Advertorial, Berita Terkini, Bisnis Bus & Truk, Bus & Truk, Teknologi, Truk Beberapa Hal Ini lah Yang Menyebabkan Kendaraan Komersial Menggunakan Mesin Diesel

Beberapa Hal Ini lah Yang Menyebabkan Kendaraan Komersial Menggunakan Mesin Diesel

MobilKomersial.com –  Beberapa Hal Ini lah yang menyebabkan Kendaraan Komersial Menggunakan Mesin Diesel. Beberapa negara di dunia mulai menstop keberadaan kendaraan bermesin diesel. Hal ini terkait dengan ketatnya aturan gas buang emisi yang dinilai tidak ramah lingkungan.

Walaupun keberadaannya mulai distop, Akan tetapi ada juga beberapa kalangan yang menanyakan seperti; kenapa pada kendaraan komersial lebih banyak menggunakan mesin diesel daripada kendaraan bermesin bensin? Padahal, kendaraan bermesin bensin dari raungan suaranya lebih smooth dibanding bermesin diesel hal ini tentu lebih membuat nyaman si pengendara seperti halnya kendaraan penumpang yang menggunakan mesin bensin.

Menurut Sales Support Dept Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Reiner Tandiono mengataakan “Kendaraan mesin diesel memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki kendaraan bermesin bensin, salah satunya adalah memiliki torsi melimpah di putaran awal sehingga memiliki tenaga yang lebih kuat daripada kendaraan mesisn bensin,”

“Makanya masih digunakan untuk kendaraan komersial. Karena size-nya untuk angkut banyak barang, jadi tidak perlu cepat-cepat tapi semua kebawa dan sampai tujuan,”  ujar Reiner saat acara Isuzu Diesel Academy di Isuzu Training Center, PT IAMI, Pondok Ungu, Bekasi, Rabu (20/9/2017).

Berikut ini beberapa keunggulan kendaraan bermesin diesel daripada kendaraan bermesin bensin;

  • Mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hingga menyebabkan penggunaan bahan bakarnya akan lebih ekonomis daripada mesin bensin.
  • Mesin diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter. Dengan begitu, kemungkinan kesulitan lebih kecil dan perawatan lebih kecil daripada mesin bensin.
  • Pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas. Artinya torsi mesin diesel rata-rata sama besar, namun tetap saja setiap merek karakteristiknya berbeda.
  • Tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali mesin bensin. Hal ini berimbas pada suara dan getaran mesin diesel lebih besar daripada bensin. Tapi dengan teknologi common rail, gejala seperti ini sudah berkurang.
  • Tekanan pembakarannya lebih tinggi, maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan tekanan tinggi dan harus mempunyai struktur yang besar sangat kuat.
  • Mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi. Artinya mesin diesel memerlukan waktu dan jumlah bahan bakar yang tepat saat penyemprotan di dalam mesin saat pembakaran.
  • Mesin diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dan membutuhkan gaya lebih besar untuk memutarnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki mesin diesel itulah yang menyebabkan kendaraan komersial lebih cocok menggunakan mesin diesel. Karena sebagai tugasnya yang cukup berat, mengharuskan kendaraan komersial wajib memiliki mesin yang tangguh dan tentunya irit bahan bakar.

Beberapa Hal Ini lah Yang Menyebabkan Kendaraan Komersial Menggunakan Mesin Diesel
Beberapa Hal Ini lah Yang Menyebabkan Kendaraan Komersial Menggunakan Mesin Diesel

Tinggalkan Balasan