home Berita Terkini, Bus & Truk, Truk Truk Badak, Rajanya Angkutan Perkebunan

Truk Badak, Rajanya Angkutan Perkebunan

truk badakTruk Badak, Rajanya Angkutan Perkebunan

Jakarta, MobilKomersial.com – Tingginya kebutuhan moda angkutan untuk mendukung mobilitas di dalam area perkebunan dan pertanian skala besar membuka peluang bagi industri untuk memasok kendaraan khusus perkebunan.

Seperti dilakukan PT Wolf Indonesia. Perusahaan ini sejak beberapa tahun terakhir memproduksi truk Badak, sebutan untuk truk yang mereka rancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pekerja perkebunan serta untuk membawa peralatan dan muatan hasil kebun.

Truk badak ini dirancang tangguh dengan sistem penggerak empat roda (4×4) dengan dibekali mesin diesel 4.100 cc.

Menurut seorang staf penjualan di lokasi pameran, truk ini dirancang untuk sanggup melintas di jalanan terjal perkebunan dan pertanian. Ground clearance-nya yang cukup tinggi membuatnya tetap enteng melintas di jalanan berlumpur. Truk ini dilengkapi kabin sederhana yang dibuat dari lembaran metal, dilengkapi pintu dan kaca depan serta jok yang bisa memuat 3 penumpang berikut pengemudi.

Bak belakang terbuat dari baja dan dilengkapi dengan hidrolik untuk memudahkan penurunan muatan dengan cepat dan praktis. Panjang bodi truk ini mencapai 5,7 meter dan sanggup membawa muatan hingga 8 ton.

Mesin diesel 4.100 cc empat silindernya mampu menghasilkan tenaga maksimum 88 horse power. Sejumlah perusahaan perkebunan dan pertanian seperti Cargill, Primago Utama, Mitra Ogan, Barito Group sudah mengoperasikan truk Badak ini. Harga jualnya Rp 300 juta, belum termasuk PPN.

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan